Tasikmalaya (ANTARA) - Petugas gabungan dari unsur kepolisian, TNI, siaga bencana, dan masyarakat mengevakuasi pohon besar yang tumbang menutup badan jalan Garut-Tasikmalaya tepatnya di Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, agar arus lalu lintas kendaraan kembali normal, Sabtu sore.

Wakil Ketua Forum Komunikasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya Ayatulloh mengatakan pihaknya setelah mendapatkan informasi ada pohon tumbang langsung melakukan proses evakuasi berkoordinasi dengan petugas terkait lainnya, sehingga pohon yang melintang di badan jalan bisa cepat disingkirkan.

Baca juga: Damkar Jaksel evakuasi pohon beringin tumbang

"Kami melakukan proses evakuasi bersama tim gabungan polisi, TNI, BPBD, relawan, dan masyarakat setempat," kata Ayatulloh.

Ia menuturkan pohon berukuran besar yang tiba-tiba tumbang itu diduga karena faktor usia, kemudian dipicu turunnya hujan dan angin yang cukup kencang melanda wilayah Tasikmalaya.

Petugas gabungan, kata dia, membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa mengevakuasi pohon tumbang yang membentang di jalan dan menimpa sebagian bangunan rumah warga di Desa Sukasukur, Kecamatan Mangunreja.

Baca juga: BPBD Kudus evakuasi tiga pohon tumbang yang timpa mobil dan toko

"Pemotongan pohon dilakukan bertahap karena ukurannya cukup besar," katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya AKP Yudiono mengatakan arus lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Garut-Tasikmalaya sempat terganggu, namun akhirnya sekitar pukul 16.30 WIB jalur mulai normal.

Pohon tumbang itu, kata dia, tidak menimpa warga sekitar maupun pengguna kendaraan yang melewati jalur tersebut.

Baca juga: Wali Kota Mataram pantau evakuasi pohon tumbang

"Pohon tumbang ke jalan sehingga menutupi jalan dan arus kendaraan tersendat," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024