Jayapura (ANTARA News) -Bupati Kabupaten Dogiyai Thomas Tigi menyebut pendidikan dan kesehatan gratis akan menjadi agenda utama dia bersama pasanganya Herman Auwe dalam meningkatkan sumber daya manusia daerah tersebut.

"Saya dan Bapak Auwe akan memprioritaskan pendidikan dan keseahatan gratis bagi warga Dogiayai," katanya di Jayapura, Papua, Rabu.

Menurut dia, kedua hal itu adalah bagian terpenting dalam mempercepat dan mendukung pembangunan Kabupaten Dogiyai selain peningkatan ekonomi rakyat. "Semuanya penting, termasuk peningkatan ekonomi rakyat," katanya.

Untuk pendidikan gratis ini akan berlaku kepada pelajar yang sedang menempuh pendidikan dari SD, SMP sampai SMA, sedangkan untuk kesehatan gratis akan berlaku di tingkat Pustu, Puskesmas dan RS Daerah.

Bupati Thomas Tigi juga akan membenani struktur lingkungan pemerintahan Kabupaten Dogiyai, terutama penempatan pejabat dalam instansi.

"Dan hal yang akan kami lakukan dalam waktu dekat ini adalah melakukan pembenahan kedalam lingkungan pemerintahan agar roda pembangunan bias berjalan baik dan optimal," katanya. (ANTARA)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012