Jakarta (ANTARA) -
​​​​​Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 500 bus untuk program mudik gratis seiring meningkatnya jumlah warga yang mengikuti program tersebut.

"Terdapat penambahan 18 armada bus dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, dari 482 bus menjadi 500 bus untuk armada arus mudik dan arus balik yang dianggarkan Pemprov DKI Jakarta berkat sinergi dengan berbagai pihak," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Berdasarkan hasil verifikasi dan klarifikasi, tercatat sebanyak 28.506 pendaftar mudik gratis dari target yang ditetapkan sebanyak 19.280 penumpang.

"Animo masyarakat untuk mudik tahun ini sangat tinggi. Karena itu, dari hasil klarifikasi, terdapat total 24.164 penumpang yang mudik atau meningkat 25,3 persen dari target," kata Syafrin.

Program Mudik Gratis 2023 yang bertema “Mudik Nyaman, Silaturahmi Lancar” ini  mengantarkan penumpang dengan tujuan Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Sumatera Selatan) serta Kuningan dan Tasikmalaya (Jawa Barat).

Selanjutnya Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY) serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Jawa Timur).

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga telah memberangkatkan 13 truk untuk mengangkut 281 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulo Gadung menuju tujuh kota seperti Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang.
Baca juga: Polda Metro dan Pemprov DKI cek kesehatan pengemudi bus mudik gratis

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023