Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mengatakan bahwa pemudik motor diperkirakan akan menyeberang melalui Pelabuhan Panjang pada tiga hari menjelang Lebaran 2023.

"Kemarin sudah dua kapal yang bersandar di Pelabuhan Panjang, namun masih didominasi truk," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan untuk pemudik motor diperkirakan akan menyeberang menggunakan rute Pelabuhan Ciwandan-Pelabuhan Panjang pada H-3 Idul Fitri.

"Pelabuhan Panjang akan ramai pemudik motor yang turun dari Pelabuhan Ciwandan itu sekitar H-3. Sebab saat ini pemudik motor masih menggunakan rute Pelabuhan Ciwandan-Pelabuhan Bakauheni," katanya.

Dia menjelaskan diperkirakan pemudik motor yang melalui Pelabuhan Panjang pada 19 April akan menggunakan KM Dobonsolo.

Baca juga: 7.562 motor menyeberang dari Jawa ke Sumatera via Pelabuhan Ciwandan

"Sebenarnya yang cukup padat itu Pelabuhan Merak, jadi di sana dibagi ke Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai. Di Lampung ini akan padat saat arus balik, jadi saat ini Pelabuhan Panjang belum mulai melayani penyeberangan pemudik sepeda motor," ucapnya.

Diketahui jadwal muat kendaraan roda dua meliputi pada 15 April-21 April menggunakan rute Pelabuhan Ciwandan-Bakauheni, dan pada 19 April-21 April melalui rute Ciwandan-Panjang.

Lalu berdasarkan data Pelindo Lampung jumlah manifest yang melalui Pelabuhan Panjang pada Minggu (16/4) menggunakan KMP Mutiara Ferimdo VII berjumlah 153 kendaraan, yang terinci untuk kendaraan golongan VI B sebanyak 84 unit, golongan VII 61 unit, golongan VIII 7 unit, dan golongan IX satu unit.

Baca juga: Menko PMK: Pemudik jangan paksakan diri jika kelelahan berkendara

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023