Pangkalpinang (ANTARA) - Bandara Depati Amir Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H-5 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah menambah penerbangan maskapai menjadi 34 kali, guna mengantisipasi penumpukan calon penumpang yang berlebaran di kampung halamannya.

"Hari ini penerbangan maskapai sebanyak 34 atau meningkat dibandingkan hari sebelumnya 32 penerbangan," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mochammad Adiwiyatno di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan penambahan penerbangan maskapai pada H-5 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah ini, karena meningkatnya permintaan masyarakat yang akan mudik lebaran di kampung halamannya.

Sebanyak 34 kali penerbangan ini dengan rincian 17 penerbangan keberangkatan dan 17 kali penerbangan kedatangan dilayani Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, dan Lion Air.

Baca juga: Bandara Pangkalpinang wajibkan pemudik taati prokes

"Diperkirakan arus mudik pada H-5 ini meningkat sebesar 15 persen dibandingkan H-6 sebanyak 4.287 orang," ujarnya.

Menurut dia, hingga saat ini arus mudik di Bandara Depati Amir Pangkalpinang berjalan aman, lancar dan tertib.

"Alhamdulilah, kedatangan dan keberangkatan maskapai penerbangan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang di terminal penumpang," katanya.

Pantauan ANTARA di Bandara Depati Amir Pangkalpinang pada Senin (17/4) dari pukul 08.00 WIB hingga 13.30 WIB, para pemudik ramai lancar dan calon penumpang memadati area kedatangan bandara.

Selain itu, terlihat aparat gabungan kepolisian, TNI, petugas bandara dan pemerintah daerah bersiaga untuk mengantisipasi gangguan keamanan yang akan mengganggu keamanan, kenyamanan dan ketertiban calon pengguna angkutan udara itu. ***1***

Baca juga: Nasabah PNM Babel pamerkan produk di Bazar UMKM Bandara Depati Amir

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023