Tegal, Jawa Tengah (ANTARA) - SPBU Pertamina Muri yang terletak di Jalan Raya Dampyak kilometer 3,5, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah telah menyiapkan fasilitas berupa puluhan bilik peristirahatan bagi para pemudik yang melintas melepas lelah.

“Mohon selalu jaga kesehatan untuk berhati-hati di jalan. Jangan ngebut, yang penting santai dan selamat sampai ke tujuan,” kata Pengawas SPBU Muri Kabupaten Tegal Dhimas Pramudya Hutama di Tegal, Senin.

Dhimas menyebutkan bilik peristirahatan tersebut disediakan ke dalam dua ruangan. Untuk ruangan pertama, jumlah biliknya mencapai 20 buah, sementara di ruangan kedua mencapai 30 buah.

Semua bilik itu dapat digunakan secara umum. Bagi pemudik yang ingin melepas penat, bisa membayar Rp40 ribu per delapan jam. Di samping tempat tidur, pihak SPBU juga menyediakan tiga kursi pijit yang dikenakan biaya Rp20 ribu per 20 menit.

“Kami tidak memisahkan bilik bagi laki-laki ataupun perempuan. Kadang ada pihak yang tidak masalah (kalau dicampur). Tapi kalau seandainya yang bersangkutan minta dipisah, akan kami fasilitasi,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya membeberkan, puncak keramaian kunjungan di SPBU Muri biasanya terjadi pada sekitar H-2 atau H-1 menjelang Lebaran.

Sedangkan untuk persiapan khusus menjelang arus mudik, pihak SPBU menyiapkan simulasi jika sewaktu-waktu terjadi kepadatan kunjungan akibat banyaknya rombongan yang melebihi kapasitas seperti ratusan motor yang datang.

Ia mengatakan supaya dalam kondisi padat SPBU Muri tetap bisa menjaga kualitas layanan dan kenyamanan pengunjung, pihaknya mengantisipasi kedatangan pemudik dengan turut menyediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui, mushola, dan minimarket.

Adapun fasilitas bagi anak yang tersedia yakni taman bermain (playground) dan kolam renang. Bagi pemudik yang ingin berenang dikenakan tarif Rp17 ribu per orangnya.

Terkait toilet, SPBU Muri menyiapkan total 107 unit yang kebersihannya dipastikan selalu terjaga. Toilet-toilet tersebut dibersihkan oleh para tenaga kebersihan terbagi ke dalam tiga shift dengan empat personel di tiap shiftnya. Sementara bagian luar terdapat tenaga kebersihan lain yang mengawasi dan membersihkannya area SPBU.

“Semua fasilitas SPBU Muri diperuntukkan untuk umum. Tujuannya supaya semua pihak bisa menikmati,” ujarnya.

Baca juga: Ketua KPAI: Cegah orang tua terpisah dari anak saat mudik

Baca juga: Ketua Baznas RI: Pos mudik Baznas 2023 tersedia untuk semua kalangan

Baca juga: Bandara Pangkalpinang tambah penerbangan jadi 34 kali


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023