Sejak Sabtu (15/4) sudah kami berlakukan 14 kali penyeberangan kapal feri untuk melayani penumpang jalur Pelabuhan Tanjungkalian Babel menuju Pelabuhan Tanjungapi-api....
Mentok, Babel (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menambah jadwal penyeberangan kapal feri dari 12 menjadi 14 trip seiring meningkatnya jumlah pelaku perjalanan mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Sejak Sabtu (15/4) sudah kami berlakukan 14 kali penyeberangan kapal feri untuk melayani penumpang jalur Pelabuhan Tanjungkalian Babel menuju Pelabuhan Tanjungapi-api Sumatera Selatan," kata Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Tanjungkalian Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel-Babel Wiratno di Mentok, Senin.

Ia mengatakan kebijakan menambah jadwal keberangkatan kapal feri yang melayani penyeberangan di Selat Bangka tersebut merupakan rekomendasi dari BPTD Wilayah VII Sumsel-Babel seiring bertambahnya antrean kendaraan calon penumpang yang berada di Pelabuhan Tanjungkalian.

"Pada hari biasa kami melayani sekitar delapan trip, namun pada arus mudik kali ini akan menyesuaikan kebutuhan di lapangan," katanya.

Baca juga: KSOP Benoa uji petik kapal layani Sanur-Nusa Penida libur Lebaran

Pada awal terjadi peningkatan jumlah pelaku perjalanan yang akan menyeberang melalui pelabuhan tersebut, PT ASDP telah menambah hingga 12 trip per hari, namun pada Sabtu dan Minggu mulai memaksimalkan pelayanan dengan memberlakukan penyeberangan kapal feri hingga 14 trip per hari.

Pelayanan penyeberangan itu dilayani oleh 12 kapal roro yang sejak awal sudah disiapkan untuk pelayanan arus mudik lebaran tahun ini.

"Pada awalnya kami sudah siapkan 14 unit kapal, namun dua masuk perawatan berkala," katanya.

Dari dua kapal yang menjalani perawatan berkala tersebut, satu unit di antaranya sudah bisa diaktifkan mulai hari ini dan direncanakan pada Selasa (18/4) ada penambahan satu kapal lagi sehingga genap 14 kapal yang beroperasi.

Ia mengatakan dalam beberapa hari ke depan tidak menutup kemungkinan ada penambahan jumlah jadwal penyeberangan karena berdasarkan perkembangan di lapangan dalam dua hari terakhir terjadi lonjakan jumlah penumpang orang dan kendaraan yang cukup signifikan di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Penumpang kapal penyeberangan Ketapang-Gilimanuk melonjak 45 persen

Berdasarkan data pada Sabtu (15/4) jumlah penyeberangan 14 trip melayani 3.895 orang penumpang dan 846 unit kendaraan, sedangkan pada Minggu (16/4) jumlah penumpang meningkat menjadi 4.004 orang, sedangkan jumlah penumpang kendaraan yang dilayani sebanyak 814 unit dengan jadwal 14 trip.

"Sejauh ini dari sisi operator kapal aman terkendali,” ujarnya.

Untuk pelayanan kapal cepat, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muntok, I Made Suartama mengatakan pihaknya telah memberikan izin adanya penambahan pelayaran rute Pelabuhan Tanjungkalian menuju Pelabuhan Boombaru, Palembang.

"Pada hari biasa jadwal kapal cepat paling banyak seminggu tiga trip, namun sejak 12 April 2023 sudah ada jadwal penyeberangan setiap hari untuk mendukung angkutan mudik lebaran," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023