Tidak hanya di kabupaten/kota, tapi juga digerakkan sampai ke daerah-daerah kecamatan. Jadi disiapkan posko-poskonya
Semarang (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen mengapresiasi jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) yang telah membantu kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2023.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PMI di seluruh kabupaten/kota yang ada di Jateng atas partisipasi, atas keikutsertaan dalam melancarkan baik itu mudik maupun arus baliknya. Dan Alhamdulillah mudik tahun ini, walaupun angka mudiknya meningkat, tapi kelancaran itu semakin baik," katanya di Semarang, Selasa.

Wagub menyebut PMI menyiapkan ratusan posko terpadu untuk mendukung kelancaran hajat tahunan tersebut dan di Jawa Tengah tidak hanya PMI tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang bergerak, tapi juga tingkat kecamatan.

"Tidak hanya di kabupaten/kota, tapi juga digerakkan sampai ke daerah-daerah kecamatan. Jadi disiapkan posko-poskonya," ujar Wagub usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Organisasi dan Kepala Markas di Gedung Pusdiklat PMI Jawa Tengah.

Baca juga: PMI sediakan layanan kegawatdaruratan di stasiun selama Lebaran

Ia menyebut arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini tidak ada kejadian yang menonjol. Menurut dia, hal tersebut berkat koordinasi yang baik lintas sektoral, mulai pemerintah pusat hingga daerah.

Orang nomor dua di Jateng itu juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten/kota maupun perusahaan swasta yang telah menyelenggarakan fasilitas mudik dan balik secara  gratis sehingga menekan volume arus lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan.

"Tidak ada kasus yang menonjol. Saya melihat, saya memantau semua lancar semuanya dan masyarakat senang semuanya," kata Taj Yasin Maimoen.

Baca juga: PMI siapkan ratusan posko dukung kelancaran arus mudik-balik Lebaran
Baca juga: PMI : Mabuk laut dominasi keluhan pemilir kapal di Tanjung Priok


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023