Semarang (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen memberikan bantuan berupa 100 unit alat tangkap kepiting bagi warga Desa Panikel, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, untuk meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

“Bantuan tersebut diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga dan perekonomian desa setempat,” kata Wagub di Semarang, Senin.

Wagub tidak ingin masyarakat hanya menggantungkan diri pada hasil tangkapan di laut saja, melainkan juga meningkatkan nilai komoditas kepiting.

Menurut dia, jika warga dapat mengolah hasil tangkapan sehingga semakin bernilai dan diharapkan perekonomian bisa meningkat.

“Harus ada kesadaran dari masyarakat sendiri, bagaimana untuk meningkatkan itu. Mungkin nanti juga akan ada pelatihan-pelatihan UMKM, bagaimana mengolah kepiting, dikemas bagaimana, supaya bisa dijual, ada nilai harga yang baik,” ujarnya.

Pemerintah, lanjut Wagub, selalu berupaya mendorong kesejahteraan masyarakat dan dirinya berkoordinasi dengan Pemkab Cilacap agar muncul solusi untuk peningkatan sumber daya manusia.

Selain itu, persoalan infrastruktur juga menjadi perhatian Pemprov Jateng dan pertumbuhan ekonomi sangat ditopang dengan akses jalan sehingga hal itu patut menjadi perhatian bersama, antara pemerintah desa, kabupaten, dan provinsi.

“Coba didiskusikan, nanti kami catat, mana jalan yang ditangani kabupaten, mana yang ditangani provinsi,” katanya.

Selain menyerahkan 100 unit alat tangkap kepiting, Wagub Jateng juga menyerahkan 50 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023