Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak menuju Tanah Air melalui Bandara Hannover, Hannover, Jerman, Senin waktu setempat, setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja, di antaranya, menghadiri pembukaan pameran industri global Hannover Messe 2023.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan delegasi lepas landas sekitar pukul 12.55 Waktu Hannover, sebagaimana keterangan resmi Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Negara kunjungi Balai Kota Hannover Jerman

Tampak melepas Presiden dan Ibu Negara yaitu Direktur Protokol Kementerian Luar Negeri Jerman Daniela Vogl, Kepala Protokol Negara Bagian Lower Saxony Mathias Woiwode, Duta Besar RI Berlin Arif Havas Oegroseno beserta istri, dan Atase Pertahanan KBRI Berlin Kolonel Budi Wibowo beserta istri.

Presiden Jokowi dan rombongan diperkirakan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa (18/4) 2023.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Tanah Air yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden dan Ibu Negara melakukan kunjungan ke Hannover, Jerman, sejak Sabtu (15/4), untuk menghadiri sejumlah agenda seperti pertemuan bisnis dengan perusahaan besar Jerman, pembukaan pameran industri Hannover Messe 2023 dan juga membuka Paviliun Indonesia di pameran tersebut, serta pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Dalam pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman, Presiden Jokowi menekankan sejumlah agenda, di antaranya, pentingnya hubungan ekonomi setara antara Indonesia-Jerman dan Indonesia-Uni Eropa (UE).

“Untuk itu berbagai regulasi Uni Eropa yang menghambat kesejahteraan perlu dibenahi. Bapak Presiden juga meminta dukungan Jerman agar perundingan perjanjian Indonesia-EU CEPA dapat segera dituntaskan,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Saat membuka pameran Hannover Messe 2023 di mana Indonesia merupakan negara mitra resmi penyelenggara pameran global tersebut, Presiden Jokowi menekankan bahwa Indonesia sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama, di antaranya dalam hilirisasi industri dan ekonomi hijau.

“Indonesia tidak sedang menutup diri, justru kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilir di Indonesia,” kata Presiden.

Indonesia menjadi negara pertama ASEAN yang menjadi mitra resmi di Hannover Messe tahun 2023. Tema yang diusung Indonesia di pameran industri terbesar di Eropa itu adalah "Making Indonesia 4.0".

Baca juga: Presiden Jokowi ajak Jerman berinvestasi di tiga sektor prioritas
Baca juga: Jokowi ditemani Kanselir Jerman buka puasa dengan kurma di Hannover
Baca juga: Jokowi tekankan pentingnya hubungan ekonomi setara RI-Jerman dan RI-UE


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023