Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengupayakan untuk melakukan percepatan pembangunan terkait infrastruktur di Provinsi Lampung dengan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar destinasi wisata dapat dijangkau oleh wisatawan.

“Ini juga nanti akan kita lakukan percepatan, sudah ada Rp32 triliun (anggaran untuk seluruh Indonesia bukan hanya Lampung) yang dialokasikan dan kami akan berkoordinasi dengan bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, agar jalan-jalan di Lampung yang karena ini sangat vital ya untuk menjangkau destinasi wisata dan menghubungkan sentra sentra produksi dan distribusi,” ujar Sandiaga dalam sesi temu wartawan yang digelar di Jakarta, Senin.

Sandiaga pun mengakui kondisi jalan di provinsi yang belakangan menjadi sorotan warga net ini memang perlu diperbaiki untuk mendukung kunjungan ke destinasi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif.

“Saya mengalami sendiri juga waktu sebagian dari kalian sempat ikut waktu ke desa wisata Rigis Jaya di Lampung dan di Pulau Pahawang. Itu memang kondisi jalannya perlu perbaikan dan kita sebagai pemerintah ini masukan yang akan segera kami sampaikan, koordinasikan dengan Kementerian PUPR,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melakukan perbaikan sejumlah jalan provinsi yang berada di dekat gerbang tol menjelang Lebaran 2023.

"Jalan provinsi ini ada yang menjadi jalur alternatif ada juga yang menjadi jalur penghubung antara jalan nasional dengan Jalan Tol Trans Sumatera," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Febrizal Levi Sukmana di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya masih mengupayakan perbaikan sejumlah ruas jalan provinsi yang berada di dekat gerbang Jalan Tol Trans Sumatera menjelang arus mudik Lebaran 2023.

Dia menjelaskan ruas lain yang dalam perbaikan adalah Jalan Simpang Daya Murni-Gunung Batin, dengan panjang 0,94 kilometer, dengan kondisi kemantapan 77,39 persen merupakan jalan menuju Gerbang Tol Gunung Batin.

Baca juga: Sandiaga bersiap pastikan kesiapan Krakatau Park Lampung
Baca juga: DPP Golkar komunikasi dengan Gubernur Lampung soal kritik media sosial
Baca juga: Pelapor serahkan sepenuhnya ke Polda Lampung terkait tiktokers Bima

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023