Saya tidak tertarik kalau hanya seremonial. Yang kita inginkan bukan sebulan atau dua bulan saja tapi bagaimana semangat kesetiakawanan sosial bisa terwujud setiap hari,"
Ternate (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menginginkan agar semangat kesetiakawanan sosial bisa diwujudkan setiap hari dan bukan hanya berupa seremonial saja.

"Saya tidak tertarik kalau hanya seremonial. Yang kita inginkan bukan sebulan atau dua bulan saja tapi bagaimana semangat kesetiakawanan sosial bisa terwujud setiap hari. Tiada hari tanpa kesetiakawanan sosial," kata Mensos di Ternate, Maluku Utara, Rabu.

Mensos menyampaikan hal itu disela-sela makan malam sebelum peringatan puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2012 yang akan digelar di lapangan Ngaralamo, Kota Ternate pada Kamis (20/12) yang akan dihadiri Wakil Presiden Boediono.

Mensos mengatakan, HKSN tidak hanya seremonial saja tapi bagaimana membangun semangat kesetiakawanan sosial agar menjadi jati diri bangsa.

Ia mengatakan, banyak kegiatan yang sudah dilakukan dalam rangkaian HKSN salah satunya bedah kampung dengan sasaran rumah tidak layak huni warga miskin.

Dalam kegiatan bedah kampung masyarakat dilibatkan untuk bahu-membahu memperbaiki rumah tidak layak huni.

"Rumah kita jadikan sarana untuk membangun semangat kesetiakawanan sosial," tambah Mensos.

Untuk mewujudkan kesetiakawanan sosial sebagai jati diri bangsa, menurutnya memang membutuhkan kerja keras dan keterlibatan semua pihak termasuk diinginkan dunia usaha ikut memunculkan semangat kesetiakawanan sosial.

Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp6 miliar untuk penyelenggaraan HKSN 2012 bersumber dari APBN sebesar Rp3 miliar dan dari APBD Rp3 miliar,"

Rangkaian kegiatan HKSN 2012 antara lain, KSN Indotera expo, bedah kampung yang difokuskan juga di Ternate dan Maluku Utara, pengobatan massal gratis, operasi bibir sumbing dan katarak serta bakti sosial.
(D016/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012