Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan beberapa wilayah di Indonesia pada  Selasa berpotensi mengalami hujan lebat yakni lebih dari 50 milimeter.

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip Antara di Jakarta, Selasa, potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di Wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Wilayah seperti Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan juga akan mengalami hujan lebat.

Tak hanya itu, Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua turut perlu mewaspadai potensi adanya hujan lebat tersebut.

Kemudian untuk potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam diperkirakan dialami oleh Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan.

Beberapa wilayah tersebut turut berpotensi mengalami hujan yang disertai kilat dan petir ini seperti Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Wilayah lain seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Maluku turut diprediksi terjadi hujan disertai kilat dan petir.

Adanya hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir tersebut menyebabkan sejumlah wilayah berpotensi mengalami banjir seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Wilayah seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua dan Papua Barat juga harus mewaspadai potensi terjadinya banjir.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG: Hujan berpotensi guyur sebagian besar wilayah RI hari ini

Baca juga: BMKG: Hujan berpeluang turun di sejumlah kota besar RI hari ini

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023