Kita ada 500 personel gabungan
Jakarta (ANTARA) - Ratusan anggota organisasi masyarakat (ormas) hingga, petugas pemerintah kota (pemkot) hingga kepolisian akan menjaga kawasan Jakarta Barat selama masa libur Lebaran.

"Kita ada 500 personel gabungan yang disiapkan untuk jaga wilayah strategis di Jakarta Barat," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa.

Pihaknya sengaja melibatkan ormas agar polisi dan Satpol PP lebih mudah memetakan lokasi rawan kriminal yang harus dijaga.

Pengerahan personel itu dilakukan guna menjaga rumah kosong karena ditinggal warga yang pulang kampung.

Nantinya, petugas bersama Polisi RW akan berkeliling ke seluruh wilayah guna memastikan tidak ada aksi pencurian rumah kosong.

Baca juga: Polsek di Jaksel sediakan pos penitipan rumah saat mudik

Tidak hanya itu, petugas juga akan menjaga kawasan wisata seperti Kota Tua yang diperkirakan akan ramai dikunjungi selama libur Lebaran 2023.

Pihaknya sudah menyiapkan pos khusus penjagaan yang akan diisi oleh personel polisi, TNI, Polri, Suku Dinas Perhubungan hingga Satpol PP Jakarta Barat.

Mereka akan memperketat penjagaan di kawasan Kota Tua selama 24 jam guna mengantisipasi aksi kriminal.

Tidak hanya itu, Satpol PP Jakarta Barat juga akan mengantisipasi munculnya Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti pemulung, pengemis hingga manusia perak di kawasan Kota Tua.

Dengan upaya pengamanan tersebut, dia berharap kawasan wisata dan permukiman di Jakarta Barat tetap aman selama masa libur Lebaran 2023.

Baca juga: BNN lakukan tes urine sopir bus di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023