Seluruh armada sebelumnya sudah dilakukan uji petik,
Denpasar (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Bali, memastikan kelaikan armada yang melayani penyeberangan ke Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, karena sudah menjalani uji petik untuk memastikan keselamatan penumpang pada libat Lebaran 2023.

“Seluruh armada sebelumnya sudah dilakukan uji petik,” kata Kepala KSOP Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin saat dihubungi di Denpasar, Bali, Selasa.

Menurut dia, seluruh armada yang melayani Padangbai-Nusa Penida itu adalah jenis kapal cepat (fast boat) mencapai tiga kapal dan satu kapal ferry.  Kapal cepat itu yakni Kapal Motor (KM) Semayaone Pride 99, KM Eka Jaya 23 dan KM Eka Jaya 25 yang melayani Padangbai-Pemenang-Nusa Penida.

Baca juga: KSOP catat penumpang mudik H-6 Lebaran di Ambon capai 24.154 orang

KSOP Padangbai mencatat untuk KM Eka Jaya berangkat secara bergantian melayani penumpang. Sedangkan satu ferry yakni Kapal Motor Penumpang (KMP) Nusa Jaya Abadi.

Uji petik terhadap armada yang melayani penyeberangan ke daerah tujuan wisata favorit tersebut dilakukan 8 Februari hingga 20 Maret 2023.

Dia menjelaskan Pelabuhan Padangbai menjadi salah satu pelabuhan alternatif pilihan masyarakat yang ingin menyeberang ke Nusa Penida.

Ia mencatat rata-rata per hari jumlah penumpang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padangbai mencapai sekitar 100 orang.

Nusa Penida memiliki daya tarik wisata bahari dengan tiga gugusan pulau yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Baca juga: KSOP Banjarmasin: 10.000 pemudik berangkat ke Pulau Jawa

Berdasarkan informasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, uji petik merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai persiapan menghadapi lonjakan penumpang saat libur panjang atau kondisi tertentu.

Pemeriksaan uji petik itu di antaranya pemeriksaan sertifikat dan dokumen di atas kapal, pemeriksaan bidang status hukum kapal dan keselamatan kapal.

Selain itu, pemeriksaan manajemen keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dan pengawakan kapal, pengujian beberapa alat keselamatan kapal.

Penyeberangan ke Nusa Penida selain dari Padangbai, juga salah satunya melalui Pelabuhan Sanur, Denpasar.

Baca juga: KSOP Banjarmasin: pembelian tiket kapal hanya lewat daring

Berdasarkan data KSOP Kelas II Benoa armada yang melayani Sanur-Nusa Penida sebanyak 64 kapal cepat. Sebanyak 64 kapal itu juga sudah melaksanakan uji petik mulai 2 Maret hingga 14 April 2023 dan seluruh armada memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal.

Pelabuhan Sanur merupakan pelabuhan yang baru diresmikan dan beroperasi pada 18 Desember 2022 di bawah koordinasi KSOP Kelas II Benoa.

Berdasarkan data KSOP Kelas II Benoa, per hari rata-rata jumlah penumpang yang dilayani mencapai 3.635 orang.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023