Untuk penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 1.454 orang dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 44.942 orang
Lampung Selatan (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, mencapai 46.396 orang pada H-4 Lebaran 2023.

General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan dari jumlah penumpang tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni pejalan kaki dan dalam kendaraan.

"Untuk penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 1.454 orang dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 44.942 orang," kata Rudi di Bakauheni, Selasa.

Menurut data, kata dia, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten terus meningkat dari hari ke hari.

Data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 17 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 18 April 2023 pukul 08.00 WIB  jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 5.517 unit. jumlah itu jauh meningkat dari satu hari yang sebanyak 5.410 unit.

Baca juga: Pemudik bermotor terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni pada H-4

Untuk jumlah bus, kata dia, dari hari ke hari terus mengalami peningkatan dimana pada hari kemarin yang menyeberang sebanyak 593 unit, sedangkan pada hari ini sebanyak 631 unit.

Namun, lanjutnya, jumlah truk dan kendaraan besar mengalami penurunan, menjadi  1.702 unit hari ini dibanding kemarin sebanyak 2.165 unit. Demikian pula dengan kendaraan roda dua.

"Jumlah penumpang kapal dengan menggunakan kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 408 unit, jumlah itu mengalami penurunan dari hari kemarin 493 unit," katanya.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Baca juga: Pelabuhan Bakauheni dipadati kendaraan pada H-5 saat malam hari
Baca juga: Menteri ESDM pastikan ketersediaan BBM di Pelabuhan Merak

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023