Kami mengharapkan kerja sama perdagangan antara India dengan ASEAN bisa meningkat menjadi 80 miliar dolar AS pada 2015 dan meningkat drastis menjadi 200 miliar dolar AS pada 2022,"
New Delhi (ANTARA News) - India mengharapkan peningkatan nilai perdagangan dengan ASEAN menjadi 200 miliar dolar AS pada 2022 mendatang.

Perdana Menteri Manmohan Singh dalam pembukaan sesi pertemuan tingkat tinggi India- ASEAN di New Delhi, Kamis sore pukul 16:15 waktu setempat mengatakan pihaknya yakin target nilai perdagangan itu akan tercapai.

"Kami mengharapkan kerja sama perdagangan antara India dengan ASEAN bisa meningkat menjadi 80 miliar dolar AS pada 2015 dan meningkat drastis menjadi 200 miliar dolar AS pada 2022," katanya.

Manmohan mengatakan sejumlah sektor kerja sama ekonomi yang masih dapat digarap dengan lebih serius antara lain di bidang jasa dan investasi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Sektor perdagangan, komoditas yang dapat di dorong peningkatan volume perdagangannya antara lain di bilang teknologi informasi dan barang-barang elektronik.

KTT ASEAN-India dilangsungkan di New Delhi memperingati 20 tahun kerja sama negara tersebut dengan ASEAN.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan salah satu dari pemimpin ASEAN yang hadir selain PM Kamboja Hun Sen, PM Thailand Yinluck Sinawatra, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, PM Malaysia Najib Razak, Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan dan sejumlah pemimpin ASEAN lainnya.

Dalam sesi pertemuan itu, Presiden didampingi oleh Menlu Marty Natalegawa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Seskab Dipo Alam dan Ketua BKPM Chatib Basri.

(P008/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012