Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi kepadatan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H yang melewati ruas jalan kabupaten ini akan terjadi mulai 19 April atau tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Arus mudik Lebaran 2023 diprediksi bakal mulai terjadi sejak tanggal 19 April, sementara puncak kepadatannya terjadi pada tanggal 21 April," kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) V Humas Operasi Ketupat Progo 2023 Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana di Bantul, Selasa.

Menurut dia, diprediksi ada sekitar 1,5 juta hingga dua juta pemudik akan masuk ke wilayah Kabupaten Bantul pada Lebaran 2023, sehingga pemudik akan memadati berbagai sarana transportasi umum dan ruas jalan yang ada.

Dia mengatakan, arus mudik dengan pergerakan sebesar itu, baiknya masyarakat mempersiapkan perjalanan mudik dengan matang agar selamat sepanjang perjalanan, sehingga bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman untuk merayakan Lebaran 2023.

Dia menyebutkan beberapa tips bagi warga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, yaitu agar memeriksa dan memastikan keadaan tubuh sehat, sementara kendaraan dalam kondisi layak serta komponen berfungsi dengan baik.

"Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi harus mempersiapkan segala hal untuk menghadapi macet panjang, seperti kondisi fisik kendaraan dan pengemudi, bekal dan obat-obatan dalam kendaraan, selalu menjaga isi tangki bahan bakar tidak kurang dari 30 persen, dan sebagainya," katanya.

Dia juga menyarankan agar pemudik mempersiapkan rute perjalanan yang terbaik, bagi pengguna kendaraan pribadi, disarankan agar menghindari jalan alternatif atau jalan tikus jika kurang mengenal rute tersebut.

Dia mengatakan, sebab di jalur alternatif apalagi jalur tikus, jika terjadi kemacetan sering terkunci yang justru akan menyebabkan perjalanan menjadi lebih lama.

Pihaknya juga menyarankan pemudik sebelum berangkat mudik, sebaiknya menyiapkan surat pribadi dan surat kendaraan untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan.

"Harus dipastikan juga mesin kendaraan dalam kondisi baik sebelum perjalanan mudik. Jangan lupa cek juga ban, oli, dan rem kendaraan berfungsi dengan baik. Pastikan mudik aman, mudik sehat dan mudik berkesan," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023