Beijing (ANTARA) - Investasi aset tetap China naik 5,1 persen secara tahunan (yoy) pada kuartal pertama (Q1) tahun 2023, menurut data Biro Statistik Nasional (NBS) China, Selasa (18/4).

Total investasi itu mencapai sekitar 10,73 triliun yuan dalam tiga bulan pertama di tahun 2023, kata NBS dalam sebuah pernyataan.

Pada periode Januari-Maret, investasi di bidang pembangunan infrastruktur meningkat 8,8 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya; sedangkan investasi manufaktur mengalami peningkatan sebesar 7 persen.

Meski demikian, arus masuk modal di sektor pengembangan properti turun 5,8 persen (yoy). Investasi aset tetap dari sektor swasta naik 0,6 persen (yoy) pada periode yang sama.

Industri teknologi tinggi terus menunjukkan momentum pertumbuhan yang kuat, dengan kenaikan investasi sebesar 16 persen (yoy).

Secara khusus, investasi di sektor manufaktur teknologi tinggi dan layanan teknologi tinggi meningkat masing-masing sebesar 15,2 persen dan 17,8 persen (yoy).

Dukungan keuangan yang semakin besar diberikan untuk meningkatkan penghidupan masyarakat, dengan investasi di bidang kesehatan masyarakat dan pendidikan masing-masing meningkat 21,6 persen dan 6,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023