Kolkata (ANTARA) - Otoritas di sejumlah wilayah di India menutup sekolah selama sepakan setelah mereka mencatat suhu panas yang mencapai di atas 40 derajat Celcius.

Sedikitnya dua negara bagian, yakni Tripura di wilayah timur laut dan Bengal Barat di timur, menginstruksikan penutupan sekolah pekan ini saat suhu udara naik lebih dari 5 derajat Celcius di atas suhu normal, menurut sejumlah pemerintah.

Ibu Kota Bengal Barat, Kolkata, mencatat suhu 40 derajat Celcius pada 13 April dan 41 derajat Celcius pada keesokan harinya, lebih tinggi 5 derajat dari suhu normal sepanjang tahun, kata pejabat kantor prakiraan cuaca setempat, G G K Das kepada Reuters.

Pada Februari lalu, Departemen Meteorologi India (IMD) memprediksikan bahwa India berpotensi menghadapi gelombang panas antara Maret hingga Mei.

Rata-rata suhu maksimum pada Februari di seluruh India mencapai 29,54 derajat Celcius, tertinggi sejak 1901, ketika IMD mulai mencatat kondisi cuaca.

Sejumlah ilmuwan menghubungkan awal musim panas yang intens dengan perubahan iklim. Menurut mereka, lebih dari satu miliar orang di India dan negara tetangga Pakistan, rentan terhadap cuaca panas ekstrem.


Sumber: Reuters
Baca juga: Sebelas orang tewas akibat gelombang panas di India
Baca juga: Kematian akibat gelombang panas di India naik jadi 36
Baca juga: Suhu kota di India sampai 51 derajat Celcius

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023