"Selain pemeriksaan kesehatan dengan pengecekan tensi serta wawancara riwayat kesehatan juga dilakukan cek urine untuk memastikan tidak ada sopir maupun kru yang mengkonsumsi narkoba atau miras,"
Kota Mojokerto (ANTARA) -
Petugas Kepolisian Resor Mojokerto Kota bersama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Mojokerto bersinergi menggelar tes urine terhadap sejumlah awak bus di Terminal Kertajaya Kota Mojokerto untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan penumpang saat mudik Lebaran.

"Selain pemeriksaan kesehatan dengan pengecekan tensi serta wawancara riwayat kesehatan juga dilakukan cek urine untuk memastikan tidak ada sopir maupun kru yang mengkonsumsi narkoba atau miras," kata Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria dalam keterangannya di Mojokerto, Selasa.
 
Ia menang, saat mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan adanya kenaikan jumlah pemudik dibandingkan dengan Lebaran di tahun sebelumnya.
 
"Hak itu karena pada tahun ini segala kebijakan dan juga kelonggaran yang ada semakin memudahkan gerak masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik," ucap dia.
 
Ia mengatakan dengan tes urine tersebut maka ada kepastian para penumpang merasa aman dan nyaman selama mudik Lebaran.
 
"Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan guna mencegah peredaran narkoba dan cegah kecelakaan lalu lintas baik yang disebabkan oleh faktor pengemudi maupun kendaraan," tuturnya.
 
Hasil dari pemeriksaan kesehatan dan cek urine di Terminal Kertajaya tidak menemukan adanya sopir ataupun awak bus yang teridentifikasi kandungan zat aditif narkoba ataupun minuman beralkohol.
 
"Sehingga, diharapkan kondisi sopir saat mengendarai bus selalu terpantau sehat, dan penumpang pun aman dan merasa nyaman," ucapnya.
 
Selain melakukan tes urine, petugas juga melakukan uji kelayakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut penumpang umum saat musim Lebaran.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023