Kami di Jakarta tugasnya memastikan sarana prasarana yang digunakan masyarakat untuk perjalanan keluar, seperti terminal, stasiun itu seluruhnya siap melayani masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan pemeriksaan kelaikan armada bus dan kesehatan pengemudi untuk memastikan keselamatan penumpang selama melayani angkutan Natal dan tahun baru.

“Kami sudah melakukan ramp check awal Desember 2022,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo saat hadir dalam Operasi Lilin di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis.

Pemeriksaan kelaikan seluruh armada bus itu, kata dia, dilakukan bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Ia memastikan infrastruktur dan armada bus yang melayani angkutan Natal dan tahun baru laik dan siap untuk melayani penumpang.

“Kami di Jakarta tugasnya memastikan sarana prasarana yang digunakan masyarakat untuk perjalanan keluar, seperti terminal, stasiun itu seluruhnya siap melayani masyarakat,” katanya.

Selain memastikan kelaikan armada bus, pihaknya juga melakukan uji kesehatan kepada para pengemudi bus dengan melaksanakan tes urine.

Di Terminal Kalideres, Jakarta Barat misalnya, lanjut dia, ada 17 pengemudi yang menjalani tes kesehatan.

Hasilnya, ada dua orang pengemudi yang memiliki tekanan darah tinggi yakni 180 dan 200.

Di seluruh terminal antarkota antarprovinsi di Jakarta terdapat posko layanan kesehatan yang salah satu tugasnya memeriksa kesehatan dan tes urine pengemudi.

Sedangkan untuk tes narkoba, pihaknya belum menemukan pengemudi bus yang terindikasi mengonsumsi narkoba atau minuman keras.

“Yang bersangkutan tidak melakukan kegiatan mengemudi dan dikirimkan pengganti dari perusahaan angkutan tersebut,” katanya.

Pihaknya memperkirakan puncak angkutan antarkota antarprovinsi terjadi pada Kamis ini dan Jumat (23/12) yang menuju sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera.

Ia memperkirakan volume penumpang akan terus meningkat hingga awal tahun 2023 untuk kedatangan kembali di Jakarta dengan rata-rata peningkatan volume penumpang mencapai sekitar 25 persen dari volume penumpang hari biasa.

Dishub DKI mencermati peningkatan pergerakan penumpang di sejumlah terminal sudah terlihat sejak Selasa (20/12) bahkan hingga mencapai 100 persen.

Ia mencatat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, jumlah rata-rata penumpang per hari biasanya mencapai sekitar 800 orang dan meningkat menjadi sekitar 1.600 penumpang per hari.

Kondisi serupa, kata dia, juga terjadi di Terminal Kalideres di Jakarta Barat terjadi kenaikan penumpang signifikan dari biasanya rata-rata per hari sekitar 300 orang penumpang menjadi sekitar 600 penumpang.
Baca juga: Dishub DKI tutup Jalan Sudirman-Thamrin mulai 18.00 malam tahun baru
Baca juga: Dishub DKI batasi angkutan barang di tol dan non-tol saat Natal
Baca juga: Dishub catat mobilitas penumpang dari DKI naik 100 persen jelang Natal


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022