kenaikan jumlah penumpang juga disebabkan berbarengan dengan libur sekolah
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat mobilitas penumpang angkutan darat di sejumlah terminal antarkota antarprovinsi di Ibu Kota sudah mulai meningkat hingga100 persen menjelang libur Natal dan tahun baru.

“Yang tertinggi pada dua hari lalu untuk kenaikan sampai 100 persen,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis.

Ia mencatat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, jumlah penumpang per hari biasanya rata-rata 800 orang. Namun jumlah tersebut sejak dua hari lalu meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 1.600 penumpang per hari.

Kondisi serupa, kata dia, juga terjadi di Terminal Kalideres di Jakarta Barat terjadi kenaikan penumpang signifikan dari biasanya rata-rata per hari sekitar 300 orang penumpang menjadi sekitar 600 penumpang.

“Artinya masyarakat mulai melakukan mobilitas menggunakan angkutan antarkota,” imbuh Syafrin.

Selain libur Natal, lanjut dia, kenaikan jumlah penumpang juga disebabkan berbarengan dengan libur sekolah.

Pihaknya memperkirakan puncak angkutan antarkota antarprovinsi terjadi pada Kamis ini yang menuju sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera.

Ia memperkirakan volume penumpang akan terus meningkat hingga awal tahun 2023 untuk kedatangan kembali di Jakarta.

Di sisi lain ia meminta operator bus antarkota antarprovinsi untuk memastikan kelaikan armada termasuk pengemudi untuk memastikan kesehatan sebelum melayani angkutan jarak jauh.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan menggelar Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk memantau dan mengendalikan kelancaran transportasi masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru.

Posko dibentuk untuk melakukan pemantauan dan pengendalian transportasi, serta meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antarpemangku kepentingan terkait, sehingga penyelenggaraannya dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat.

Posko Angkutan Natal dan tahun baru terpusat di Kementerian Perhubungan dan pos pelayanan dan pos pengawasan juga tersebar di simpul-simpul transportasi di sejumlah daerah.
Baca juga: Ribuan personel disiapkan untuk pengamanan Natal di Jaksel
Baca juga: DLH DKI kerahkan 1.760 petugas jaga kebersihan saat perayaan Natal
Baca juga: Dinkes DKI imbau warga lengkapi vaksin jelang Natal dan tahun baru


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022