Jakarta (ANTARA) - Arus balik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang melalui Terminal Kalideres (Jakarta Barat) diprakirakan terjadi 1-3 Januari 2024.

"Arus balik tanggal 1 sampai tanggal 3 Januari 2024," ungkap Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

Revi mengatakan bahwa pihaknya tetap melakukan persiapan yang sama untuk arus balik. Yakni posko pengawasan terpadu yang tetap siaga sampai 3 Januari 2024.

"Persiapan sama seperti yang kemarin. Posko pengawasan masih aktif sampai tanggal 3 Januari 2024," kata Revi.

Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat pada Rabu per pukul 19.00 WIB menurun dibandingkan dengan jumlah penumpang saat puncak kepadatan libur Natal pada 23 Desember 2023.

"Jumlah penumpang berangkat hari ini ada 266 penumpang dengan 55 kendaraan," kata Revi.

Baca juga: Terminal Kalideres catat total penumpang 658 orang pada libur Natal
Baca juga: Kepadatan penumpang di Terminal Kalideres kembali normal


Pemantauan Terminal Kalideres oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar), Polisi dan TNI serta unsur lainnya pada Minggu (24/12/2023). (ANTARA/HO-Terminal Kalideres)
Ratusan penumpang tersebut mayoritas berangkat ke tujuan Jawa Tengah dan Padang. "Tujuan Jawa Tengah dan Padang," kata Revi.

Menurut Revi, selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tidak ada penambahan rute bus TransJakarta (TJ) dan angkutan malam hari (Amari) di Terminal Kalideres.

"Untuk TJ, masih rute kemarin, yakni Kalideres-Harmoni, Kalideres-GBK dan Kalideres-Pulogadung. Jadi rute yang lama masih mencukupi karena jumlah penumpang tidak begitu banyak," kata dia.

Hal tersebut, kata Revi, juga berlaku untuk Amari. "Untuk Amari dalam kota juga sama (tidak ada penambahan rute)," kata dia.
Baca juga: Penumpang Terminal Kalideres pilih beli tiket langsung daripada online

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023