"Mulai hari ini kita melakukan pemeriksaan urine semua sopir, baik itu pengemudi bus maupun minibus L-300,"
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh melakukan pemeriksaan urine terhadap sopir angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah dari terminal Batoh Banda Aceh.

"Mulai hari ini kita melakukan pemeriksaan urine semua sopir, baik itu pengemudi bus maupun minibus L-300," kata Kasi Pengawasan Tahanan dan Barang Bukti (Wastahti) BNNP Aceh Ompu, di Banda Aceh, Selasa.

Ompu mengatakan, sejauh ini mereka telah melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang sopir, dan ini masih terus berlanjut hingga akhir masa mudik. Sejauh ini belum ada yang positif menggunakan narkoba.

"Dari 13 orang yang sudah menjalani tes pertama ini belum ada yang positif, semua hasilnya masih negatif," ujarnya.

Ompu menyampaikan, jika nantinya dalam pemeriksaan urine tersebut ditemukan adanya sopir yang positif mengkonsumsi narkoba, maka yang bersangkutan diamankan terlebih dahulu.

Mereka yang positif nantinya diamankan untuk dilakukan pengecekan lebih jauh dan penyelidikan dari mana asal barang narkotika yang dikonsumsi tersebut.

Kemudian, bagi sopir yang positif, lanjut dia, maka yang bersangkutan tidak diizinkan untuk membawa mobil karena dapat membahayakan masyarakat atau penumpang.

"Sopir yang positif tidak diizinkan mengemudi. Mereka akan diamankan untuk dilakukan pengecekan lagi," demikian Ompu.

Untuk diketahui, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh menyatakan bahwa telah mempersiapkan sebanyak 4.900 unit mobil penumpang baik itu jenis L-300 hingga bus untuk mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

4.900 unit mobil angkutan penumpang tersebut terdiri dari 4.300 unit L-300 atau Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan 600 unit bus atau Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023