Lampung Selatan (ANTARA) - Pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, pada Rabu dini hari atau H-3 Lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Selasa (18/4) pukul 23.30 WIB sampai Rabu pukul 01.30 WIB terlihat para pemudik menggunakan kendaraan roda empat memadati pintu keluar Pelabuhan Bakauheni.

Meski terjadi kepadatan pada kendaraan roda empat yang akan keluar dari area Pelabuhan Bakauheni, namun tidak menimbulkan penumpukan kendaraan yang terlalu lama dan terlihat lancar.

Baca juga: ASDP: Penumpang di Bakauheni kian meningkat, 46.396 orang hari ini

Joni (45) salah satu pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi mengatakan perjalanan dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju Bakauheni memakan waktu berlayar kurang lebih tiga hingga empat jam lamanya.

"Perjalanan malam ini lumayan melelahkan pak, di Pelabuhan Merak tadi lumayan macet," kata Joni saat sedang membeli kopi di pinggir jalan sebelum melanjutkan perjalanannya.

Sebelumnya, General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko memperkirakan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, mencapai puncak pada H-3 atau tiga hari menjelang Lebaran 2023.

Baca juga: ASDP telah seberangkan 339.340 pemudik dari Jawa menuju Sumatera

Ia juga mengatakan bahwa ASDP sudah mengantisipasi peningkatan pengguna sarana transportasi laut pada puncak arus mudik.

"Sudah dipersiapkan seperti kapal, dermaga, dan fasilitas pendukung lainnya seperti toilet, ruang tunggu penumpang, kantong parkir," kata Rudi.

Dia mengimbau pengguna layanan penyeberangan membeli tiket feri jauh hari sebelum berangkat.

Baca juga: ASDP tekankan pemudik agar ikuti ketentuan perjalanan

"Kami mengimbau calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket jauh hari," katanya.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023