Indonesia Memenangkan Kompetisi Perancangan Dashboard SAP Se-Asia Tenggara 2012

Indonesia Memenangkan Kompetisi Perancangan Dashboard SAP Se-Asia Tenggara 2012

Hernando Ivan (kanan) dan Albert Prasetya (kiri) (Teddy Brothers Team) (Unicomm/ANTARA)

Tim Teddy Brothers Asal STMIK MDP & MDP Business School-Palembang Berhasil Membuktikan Kemahirannya Dalam Merancang Dashboard Interaktif

     Jakarta, 21 Desember 2012 (ANTARA) – SAP mengumumkan pemenang Kompetisi Perancangan Dashboard Se-Asia Tenggara 2012 yang telah diputuskan para juri pada 10 Desember 2012 di Singapura. Setelah lolos dari serangkaian seleksi, tim Teddy Brothers akhirnya keluar sebagai pemenang utama dari kompetisi ini. Tim Teddy Brothers merupakan para mahasiswa dari STMIK MDP & MDP Business School-Palembang yang mewakili Indonesia untuk Kompetisi Perancangan Dashboard se-Asia Tenggara. Penilaian untuk babak final kompetisi ini dimulai dari tanggal 2 hingga 23 November 2012.

     Kompetisi Perancangan Dashboard SAP Se-Asia Tenggara 2012 telah diikuti oleh 300 tim dari 50 universitas-universitas Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sebelum masuk ke babak final, setiap negara telah mengadakan seleksi untuk mendapatkan pemenang utama yang mewakili negaranya maju ke babak final Kompetisi Perancangan Dashboard Se-Asia Tenggara 2012. Di babak final tersebut para pemenang utama dari masing-masing negara kembali diuji untuk mendapatkan satu pemenang utama. Rangkaian seleksi kompetisi ini mulai dari tahap penyaringan hingga babak final telah berlangsung selama tiga bulan yang dimulai dari bulan Agustus hingga November 2012.

     Melalui Kompetisi Perancangan Dashboard SAP Se-Asia Tenggara 2012, para finalis diharapkan dapat memperkaya pengalaman mereka belajar dan memahami lebih dalam mengenai Business Analytics. Selain itu, mereka dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan tambahan sebagai persiapan memasuki dunia kerja melalui pembinaan para juri. Hal ini sesuai dengan tujuan diadakannya kompetisi ini yaitu untuk terus memacu inovasi dan kreatifitas mahasiswa-mahasiswi di bidang Business Analytics serta pengenalan piranti lunak SAP.

     Ir. Rusbandi, M.Eng, Ketua STMIK MDP & MDP Business School-Palembang menyatakan, “STMIK MDP & MDP Business School selalu mendukung mahasiswa-mahasiswanya untuk ikut serta dalam setiap kompetisi-kompetisi yang berkualitas seperti Kompetisi SAP Perancangan Dashboard ini. Kompetisi ini merupakan kompetisi yang penuh tantangan dan kami, STMIK MDP & MDP Business School, sangat bangga dengan kemenangan mahasiswa kami, tim Teddy Brothers. Mereka telah menunjukkan bahwa kualitas bukan hanya milik pelajar-pelajar di kota-kota besar saja, tetapi juga di daerah seperti Palembang, di Pulau Sumatera.” STMIK MDP & MDP Business School mengharapkan kemenangan ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswa lainnya untuk melakukan yang terbaik agar dapat meraih pencapaian seperti ini, sehingga akan muncul "Teddy Brothers" lainnya.

     Dalam kompetisi ini, para finalis diminta untuk merancang sebuah dashboard interaktif dengan tema Olympic Games menggunakan SAP Dashboard Design Software yang dapat diunduh secara gratis. Mereka dapat menentukan aspek Olympic Games apa yang ingin ditekankan pada dashboard yang mereka rancang, seperti aspek olahraga, wilayah, negara, dan lainnya.

     Rancangan dashboard tersebut kemudian dinilai oleh para juri berdasarkan lima kriteria penilaian utama, yaitu: usefulness (kegunaan), usability (kemampuan untuk digunakan), kualitas data, dokumentasi, dan bonus pada lembar excel scorecard. Para ahli dari SAP dan eksekutif senior mitra-mitra SAP didaulat menjadi juri dalam kompetisi ini. SAP akan kembali menggelar Kompetisi Perancangan Dashboard pada tahun 2013 di bawah program SAP University Alliances dengan tema berbeda.

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar