Manila, Filipina (ANTARA/Business Wire)— Platform solusi digital terkemuka Filipina, Globe, menggandeng Proxtera dari Singapura, operator utama program Pemberdayaan Keuangan UKM (SFE) dan Philippine Trade Training Center - Global MSME Academy (PTTC-GMEA), sebuah lembaga pelatihan dari Departemen Perdagangan dan Industri, untuk mendukung Program SFE, yang menyediakan pelatihan online yang dirancang untuk membekali usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) di seluruh Filipina dengan literasi keuangan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk meraih kesuksesan dalam ekonomi digital.

Kemitraan Globe dan Program SFE meliputi dukungan pembuatan konten lokal untuk UMKM Filipina dan memperluas akses gratis ke jaringan UMKM-nya. Pada bulan Maret, akses gratis ini juga diberikan kepada usaha milik perempuan untuk merayakan Bulan Perempuan Nasional.

Dengan berinvestasi di Program SFE, Globe berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di seluruh Filipina.

“Kami sangat antusias untuk membawa program Pemberdayaan Keuangan UKM kepada pemilik usaha kecil dan mikro di Filipina. Melalui kerja sama ini, kami ingin memberdayakan UMKM lokal dengan sarana dan wawasan yang mereka butuhkan untuk dapat berkembang dan sukses. Kami percaya program ini dapat berdampak signifikan pada kehidupan pengusaha Filipina dan berkontribusi ke perkembangan ekonomi secara keseluruhan,” kata KD Dizon, Pimpinan Grup, Globe Business, MSME Group.

“Karena 99,5% bisnis di Filipina adalah UMKM, kami perlu membantu mereka menjadi yang terbaik. Dengan mengasah potensi mereka – khususnya di era digital dan ekonomi internasional, dan dengan mengajari cara berinovasi, berarti kami juga mengajarkan cara memiliki keuangan yang tangguh,” kata Nelly Nita Dillera, Direktur Eksekutif PTTC-GMEA.

Saurav Bhattacharyya, CEO Proxtera, mengatakan: “Kami sangat senang bermitra dengan Globe, karena membantu kami memperluas jangkauan ke lebih banyak UMKM di Filipina dan menawarkan konten lokal yang memenuhi kebutuhan usaha di Filipina. Kerja sama kami dengan PTTC-GMEA selaras dengan komitmen kami untuk membangun dan membina usaha kecil, dan membantu mereka bertumbuh di lingkungan ekonomi saat ini yang penuh tantangan.”

SFE yang komprehensif dan berfokus global ini adalah inisiatif Monetary Authority of Singapore (MAS), International Finance Corporation (IFC), dan United Nations Development Program (UNDP). Tujuannya adalah membangun literasi digital dasar dan pemahaman yang baik tentang layanan keuangan internasional yang relevan dengan UMKM.

PTTC-GMEA adalah mitra pelatihan resmi Program SFE di Filipina dengan Global Fintech Institute sebagai mitra akademik.

Saat ini program SFE di Filipina menyediakan tiga kursus yang mengakomodasi UMKM yang ingin melebarkan bisnis mereka dan memanfaatkan pasar digital dan efek jaringan. Kursus ini memberikan wawasan literasi keuangan dan kemampuan pengambilan keputusan yang sangat berharga, agar UMKM dapat membuat keputusan berdasarkan informasi dan mencapai tujuan bisnis mereka.

Kursus Literasi Keuangan Dasar mencakup konsep keuangan dasar, disiplin keuangan untuk kesuksesan, dan pilihan layanan keuangan pemula. Tujuan kursus ini adalah untuk membekali peserta dengan berbagai pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola keuangan secara efektif.

Sebaliknya, Kursus Literasi Keuangan Global lebih menggali prinsip-prinsip literasi keuangan yang sangat penting dan memberikan panduan untuk memperluas bisnis ke pasar-pasar baru, menggunakan pilihan pembiayaan digital yang baru, dan memanfaatkan jaringan digital.

Yang terbaru dalam program SFE adalah Pembiayaan Ramah Lingkungan untuk Kursus UKM, yang menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan bagi UKM. Kursus ini mencakup pembiayaan ramah lingkungan dibanding pembiayaan tradisional dan memberikan sarana maupun pilihan kepada para peserta untuk menerapkan pembiayaan ramah lingkungan dalam pengoperasian bisnis mereka.

Kursus ini meliputi serangkaian modul dilengkapi video oleh para pakar industri yang menjelaskan berbagai konsep kemudian diikuti kuis singkat. Setiap modul berisi ringkasan konten yang dapat diunduh dalam format PDF agar pengguna dapat memanfaatkannya sebagai sumber bahan tambahan.

Sebagai langkah awal, peminat dapat mengunjungi smefe.org melalui web dan dapat diunduh sebagai aplikasi untuk Android dan iOS. Mereka dapat mendaftarkan diri ke kursus ini di dasbor dan memulai dengan menonton video yang ada serta menjawab pertanyaan. Setelah menyelesaikan kursus, pengguna akan langsung mendapatkan sertifikat terverifikasi.

Ketahui lebih lanjut tentang Globe di www.globe.com.ph.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.




Kontak

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi:

GOLIN for Globe Group
Alamat email: globegroup@golin.com



Sumber: Globe


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023