Jakarta (ANTARA) - Ribuan pemudik memadati area Terminal Kampung Rambutan untuk melakukan perjalanan mudik ke sejumlah wilayah di Indonesia pada H-3 Lebaran yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik di terminal tersebut.

"Kalau dilihat dari jumlah penumpang dari pagi hingga pukul 11.00 WIB, sepertinya hari ini menjadi puncak arus mudik," kata Kepala Regu Khusus Terminal Kampung Rambutan Mulyono di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa jumlah penumpang yang tercatat pada pukul 7.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB sebanyak 936 penumpang dengan 39 bus yang disediakan untuk mengangkut para pemudik tersebut.

Baca juga: Ratusan personel keamanan dikerahkan di Terminal Kampung Rambutan

Jumlah penumpang tersebut diperkirakan akan mencapai sekitar tiga ribu orang hingga besok Kamis (20/4), pukul 7.00 WIB.

Selain 936 pemudik yang berangkat menggunakan bus umum, ratusan pemudik lainnya juga memadati terminal tersebut untuk mengikuti mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, tujuan mudik paling banyak yang berangkat dari terminal tersebut adalah Jawa Barat.

Namun, dalam empat hari terakhir, secara umum beberapa daerah tujuan lain, seperti ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera juga mengalami lonjakan.

Untuk mengamankan arus mudik di Terminal Kampung Rambutan, petugas menggandeng sekitar 70 anggota TNI/Polri untuk membantu mengamankan Angkutan Mudik Lebaran di terminal tersebut.

Selain itu, ada juga puluhan personel keamanan lain yang dikerahkan dari Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Dinas Sosial untuk membantu memberikan layanan keamanan semaksimal mungkin bagi para penumpang.

Baca juga: Pemudik di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan melonjak sore ini

Baca juga: Pemudik dari Kampung Rambutan disarankan tak beli tiket di terminal


Mulyono menyebutkan hanya ada penambahan empat bus yang disediakan untuk menjaga kelancaran lalu lintas di terminal tersebut, sehingga tidak ada penumpukan di lapangan.

Sementara itu, berdasarkan data, terdapat 2.632 penumpang yang tercatat berangkat dari Terminal Kampung Rambutan pada H-4 Lebaran.

Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan 1.833 penumpang yang tercatat pada H-5.

Mulyono belum dapat memperkirakan kemungkinan lonjakan penumpang pada beberapa hari mendatang, karena puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 atau hari ini.

Pewarta: Katriana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023