Tapi karena tahun ini kemungkinan hari lebarannya berbeda, makanya kami fokuskan saja di satu tempat. Nanti jadi kurang jamaahnya kalau ada beberapa tempat Shalat Id
Batam (ANTARA) - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam Shabirun Husnum mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 dipusatkan di Stadion Temenggung Abdul Jamal pada Jumat 21 April 2023.

"Cuma satu saja di Stadion Temenggung Abdul Jamal. Biasanya kami siapkan dua lokasi pelaksanaan Shalat Id, di Kabil dan di Stadion Temenggung Abdul Jamal. Tapi karena tahun ini kemungkinan hari lebarannya berbeda, makanya kami fokuskan saja di satu tempat. Nanti jadi kurang jamaahnya kalau ada beberapa tempat Shalat Id," kata Shabirun saat dihubungi di Batam, Rabu.

Ia menambahkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB.

"Sesuai jadwal akan dimulai pada pukul 7 mungkin lebih lambat sedikit, karena juga menunggu jamaah dari seluruh Kota Batam datang dulu ke lokasi shalatnya," ujar Shabirun.

Baca juga: Muhammadiyah Pekanbaru siapkan 15 lokasi Shalat Idul Fitri

Ia memperkirakan sebanyak 5.000 jamaah Muhammadiyah di Kota Batam akan mengikuti pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Diberitakan sebelumnya Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada 23 Maret dan 1 Syawal atau Idul Fitri jatuh pada 21 April. Sedangkan 1 Dzulhijah pada 19 Juni sehingga Idul Adha jatuh pada 28 Juni 2023.

"Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah," kata Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti saat membacakan Maklumat PP Muhammadiyah di Kantor PP
Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Senin (6/2).

Berdasarkan metode hitungan yang digunakan Muhammadiyah, menurut Sayuti, pada Selasa Legi atau 29 Syakban 1444 Hijriah yang bertepatan dengan 21 Maret 2023, ijtimak jelang Ramadhan belum terjadi.

Baca juga: Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan pada 23 Maret dan Idul Fitri 21 April
Baca juga: Mahfud MD ajak bangun kerukunan di tengah potensi perbedaan Idul Fitri

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023