Alhamdulillah, Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta telah merampungkan 100 persen penyaluran bantuan pangan....
Solo (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta telah menyelesaikan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) melalui Program Bantuan Pangan 2023 di wilayah Solo Raya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/tahun 2023, mencapai 100 persen.

Pimpinan Cabang Perum Bulog Surakarta Andy Nugroho, di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan penyaluran beras program bantuan pangan dari pemerintah tersebut meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, dan Sragen.

Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional dan Perum Bulog melaksanakan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dalam Program Bantuan Pangan 2023.

Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta menyalurkan bantuan total kepada 565.420 keluarga penerima manfaat (KPM) atau 5.654 ton per bulan se-Solo Raya.

"Alhamdulillah, Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta telah merampungkan 100 persen penyaluran bantuan pangan alokasi pertama sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dari target sebanyak tiga alokasi yakni Maret hingga Mei 2023," kata Andy.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota dan kabupaten di Solo Raya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial atas koordinasi yang begitu baik, sehingga penyaluran bantuan pangan alokasi pertama ini dapat berjalan dengan lancar.

Dia mengatakan untuk wilayah Solo Raya total bantuan tersebut penyaluran bantuan pangan disalurkan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah dikoordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian masing-masing kota/kabupaten. Bantuan pangan ini, disalurkan dari 9 kompleks pergudangan yang dimiliki oleh Bulog Cabang Surakarta.

Selain melakukan penyaluran bantuan pangan, Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta juga tengah berkoordinasi terkait keberlanjutan pelaksanaan operasi pasar (OP) yang melibatkan pemerintah daerah dalam program stabilisasi pasokan dan harga pangan, mulai dari akhir Januari 2023 Bulog Surakarta telah melaksanakan kegiatan OP atau pasar murah lebih dari 130 titik di area Solo Raya.

Selain itu, Perum Bulog Surakarta juga tengah melakukan penyerapan gabah atau beras dalam negeri sebagai upaya pemenuhan stok cadangan beras pemerintah.

Pihaknya hingga saat ini telah melakukan penyerapan gabah/beras dari para petani lokal dengan skema komersil maupun cadangan beras pemerintah (CBP) kurang lebih 11 ribu ton.
Baca juga: Bulog Surakarta gelar operasi pasar capai 6.200 ton di Soloraya
Baca juga: Bulog Surakarta MoU dengan Kejari di bidang hukum Datun

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023