Jakarta (ANTARA) - Hasil Survei Indikator Politik Indonesia selama 8-13 April 2023 menunjukkan sebanyak 63,5 persen responden mempercayai Ketua Umum PSSI Erick Thohir berhasil meyakinkan FIFA agar tidak memberikan sanksi berat terhadap Indonesia.

"Mayoritas sebanyak 63,5 persen (responden) percaya bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir berhasil meyakinkan FIFA sehingga (Indonesia) terhindar dari sanksi berat," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan Hasil Survei Indikator Politik Bertajuk "Isu-Isu Mutakhir dan Dinamika Elektoral Pascabatalnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20", sebagaimana dipantau dari kanal YouTube Indikator Politik di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, lanjut Burhanuddin, sekitar 18,5 persen responden lainnya menyatakan kurang atau tidak percaya dan 18 persen lainnya mengaku tidak tahu atau memilih untuk tidak menjawab. Sebelumnya, Indonesia berpotensi diberi sanksi berat oleh FIFA usai dibatalkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023.

Burhanuddin menyampaikan Hasil Survei Indikator Politik terkait dengan setuju atau tidak setuju responden dengan pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai tidak mencampuradukkan urusan olahraga dengan politik.

Baca juga: Survei Indikator: Kepuasan atas kinerja Jokowi capai level tertinggi
Baca juga: Zulhas harap Erick jaga kinerja di tengah peningkatan elektabilitas


Hasil survei itu menunjukkan sebanyak 73,8 persen responden menyatakan setuju, sekitar 16,1 persen kurang atau tidak setuju, dan 10,1 persen mengaku tidak tahu atau memilih untuk tidak menjawab.

Berdasarkan hasil survei itu, menurut Burhanuddin, publik secara umum tidak menyalahkan Presiden Joko Widodo atas batalnya Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20.

"Secara umum, masyarakat tidak menyalahkan Presiden. Buktinya, mereka setuju pernyataan Presiden tentang jangan campur adukkan urusan olahraga dengan politik," ujar dia.

Survei Indikator Politik terbaru itu diikuti 1.212 responden. Metode survei yang dilakukan adalah menghubungi responden melalui sambungan telepon. Kemudian, tingkat kepercayaan dalam survei tersebut mencapai 95 persen.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023