Roma (ANTARA News/AFP) - Juara bertahan sepakbola Liga Italia, Juventus, dapat menutup 2012 dengan sukses pada Jumat, jika mereka mengalahkan Cagliari untuk memperlebar keunggulan di pertandingan terakhir Liga Italia pada tahun ini.

Klub Turin itu menuju pertandingan ini dengan keunggulan tujuh poin dari rival terdekat mereka Inter Milan, yang akan menjamu Genoa pada Sabtu, dan bahkan tidak akan menghadapi para pendukung tuan rumah, sebab pertandingan ini dimainkan di tempat netral.

Pertandingan tersebut akan dimainkan di markas Parma Stadio Tardini, karena pemerintah kota di ibukota Sardinia itu menganggap stadion yang dimiliki klub tersebut tidak siap untuk pertandingan dengan tim papan atas.

Satu-satunya kabar buruk untuk Si Nyonya Tua dari Turin, yang mendaftarkan 21 pemain untuk pertandingan, adalah batu karang di pertahanan mereka, Giorgio Chiellini, absen dua bulan, kembali karena cedera betis.

Chiellini menderita cedera serupa di kaki kirinya saat Italia kalah 0-4 dari Spanyol di final Piala Eropa 2012 dan meninggalkan lapangan di Kiev dengan berlinang air mata.

Bek Juventus Leonardo Bonucci kembali ke tim setelah absen saat Juve menang 3-0 atas Atalanta akibat mendapat skorsing, demikian disampaikan klub melalui situs resmi mereka.

Pertandingan besar pada akhir pekan ini adalah laga antara tim peringkat keenam AS Roma dan AC Milan, yang tertinggal dua poin dan menduduki peringkat ketujuh, dan berniat untuk menancapkan kuku kembali saat mereka berupaya menapak naik di klasemen.

Hasil undian pada Kamis mempertemukan Tim Merah-Hitam dengan raksasa Spanyol Barcelona di babak 16 besar Liga Champions, dan pelatih Massimiliano Allegri mengatakan para pemainnya akan perlu melakukan upaya terbaik setelah melalui paruh pertama kompetisi domestik dengan mengecewakan.

Pertandingan ini penting bagi kedua klub untuk tetap menjaga kecepatan dengan tim-tim papan ats, khususnya karena hanya ada selisih tiga poin dari tim peringkat kedua dengan peringkat kelima.

Milan tidak pernah kalah di lima pertandingan, dan akan berniat mengandalkan Stephan El Shaarawy, yang telah mencetak 14 gol pada musim ini, untuk memberi inspirasi agar dapat menundukkan pertahanan Roma yang telah kemasukan 27 gol.

Namun, sejarah tidak berpihak pada mereka, dengan Milan hanya tiga kali membawa pulang tiga poin dari Stadio Olimpido sepanjang 15 tahun terakhir.

Roma berharap dapat bangkit setelah menelan kekalahan 0-1 dari tim papan tengah Chievo, yang mengakhiri laju lima kemenangan berturut-turut mereka, dengan pertandingan yang paling dikenang tim ibukota itu adalah saat mereka menang 5-0 pada 1998.

Klub juru kunci Siena, yang pada Senin memecat pelatih Serse Cosmi, menjamu Napoli, yang pada pekan ini turun ke peringkat kelima setelah koleksi poinnya dikurangi dua dalam kaitannya dengan dugaan perjudian ilegal.

Hukuman itu - serta hilangnya kapten Paolo Cannavaro selama enam bulan akibat "tidak melaporkan bukti korupsi" - memuncaki dua pekan yang buruk di klub Italia Selatan itu, setelah menelan empat kekalahan di semua kompetisi.

Napoli yang kalah 1-3 dari PSV Eindhoven di Liga Europa, melihat harapan mereka meraih gelar semakin menjauh saat kalah 1-2 dari Inter, kemudian mereka kemasukan dua gol di lima menit terakhir saat menjamu Bologna ketika mereka kalah 2-3.

Bologna semakin menambah rasa duka Napoli empat hari kemudian di Piala Italia dengan kemenangan 2-1, meski Napoli mendominasi permainan.

Pelatih Walter Mazzari, yang menuduh para pemainnya "sangat naif", akan perlu bekerja keras, sedangkan Siena, yang sangat mendambakan poin, akan berupaya memberikan awal yang bagus bagi pelatih baru mereka Giuseppe Iachini.

Sampdoria, yang juga memecat pelatih pada pekan ini ketika mereka memperlihatkan pintu keluar pada Ciro Ferrara, menantang tim peringkat ketiga Lazio.

Jadwal pertandingan Liga Italia:
Jumat:
Pescara vs Catania (1700 GMT)
Cagliari vs Juventus (1945 GMT)

Sabtu:
Inter Milan vs Genoa (1130 GMT)
Atalanta vs Udinese (1400 GMT)
Bologna vs Parma
Palermo vs Fiorentina
Sampdoria vs Lazio
Siena vs Napoli
Torino vs Chievo
AS Roma vs AC Milan (1945 GMT).
(Uu.H-RF/D011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012