Jakarta (ANTARA News) - Rizal Mallarangeng mengusulkan DPR segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk meneliti kasus dugaan korupsi pembangunan proyek Hambalang.

"Usul saya teman-teman DPR membentuk pansus untuk meneliti persoalan ini," kata Rizal Mallarangeng dalam konferensi pers di Freedom Institute di Jakarta, Jumat.

Rizal mengatakan bahwa persoalan kasus korupsi Hambalang bukan kesalahan yang berdiri sendiri melainkan sistematis dan berkaitan dengan struktur pemerintahan, politik dan dinamika hubungan antarkekuasaan politik di Indonesia.

Oleh karena itu, Rizal menyarankan supaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membentuk komisi khusus yang independen untuk kasus Hambalang.

"Kalau perlu Presiden membentuk komisi khusus yang independen untuk menyelidiki apakah ini kesalahan yang berdiri sendiri atau kesalahan sistematis dan sangat berbahaya, ada indikasi bahwa ini bukan sekadar kebetulan," ujar Rizal.

Rizal Mallarangeng merupakan adik dari mantan Menpora Andi Mallarangeng yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus Hambalang.

Ia juga merupakan kakak dari Andi Zulkarnain Mallarangeng yang ikut dicekal bepergian ke luar negeri oleh KPK terkait kasus Hambalang.

(G006/I007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012