Pangkalpinang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka posko kesehatan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang guna memberikan pelayanan dan pengobatan secara gratis kepada pemudik Lebaran 1444 Hijriah.

"Posko kesehatan PMI ini memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis khusus kepada para pemudik," kata Petugas Pemeriksa Kesehatan PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dedi di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Antisipasi lonjakan, Dishub Babel siapkan 4 posko mudik Lebaran

Ia mengatakan posko kesehatan gratis dari PMI Babel mulai beroperasi pada 18 April sampai 1 Mei 2023. tahun ini baru dilaksanakan di bandara. Pada tahun sebelumnya hanya fokus di pelabuhan.

"Tahun ini untuk PMI Provinsi Babel difokuskan di bandara, kalau PMI kabupaten/kota di pelabuhan," katanya.

Ia menjelaskan di posko itu pemudik bisa memeriksa kesehatan terkait gula darah, kolesterol, dan asam urat. "Ini sudah ada acuan dari pusat bahwa di setiap fasilitas publik harus ada posko kesehatan gratis," katanya.

Ia mengatakan petugas kesehatan yang ada di posko kesehatan tersebut, sebanyak delapan orang yang terbagi dari dua shift.

"Shift pagi dari jam 7.00 sampai 13.00 WIB ada empat orang dan shift sore empat orang dari jam 13.00 sampai 17.00 WIB," katanya.

Baca juga: Polda Babel dirikan 32 posko mudik Lebaran

Baca juga: Babel siapkan posko kesehatan mudik Idul Fitri


Ia menambahkan antusiasme pemudik yang memeriksakan diri di posko kesehatan PMI Babel cukup besar.

"Selama shift siang ini ada sekitar 40 orang yang memeriksakan kesehatan, dan rata-rata hasil pemeriksaan kesehatan pemudik adalah asam urat," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023