Batam (ANTARA) - Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa Digital Park (NDP) Batam diikutkan dalam pameran industri dan teknologi terbesar dunia Hannover Messe 2023 di Jerman, 17 - 21 April 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama CEO Nongsa Digital Park, Mike Wiluan mempresentasikan ekosistem digital NDP kepada Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz saat pembukaan Paviliun Indonesia, di Hannover Messe pada Senin (17/4), demikian keterangan tertulis yang diterima di Batam, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Menko menjelaskan bahwa di dalam ekosistem Nongsa Digital Park yang berlokasi di Kota Batam Kepulauan Riau terdapat beberapa pelatihan yang berkolaborasi dengan mitra internasional untuk mengembangkan talenta teknologi (Tech Talents).

Di NDP juga terdapat pusat data beberapa perusahaan yang akan menggunakan energi hijau terbarukan.

Masih dalam keterangan pers, CEO Nongsa Digital Park Mike Wiluan menambahkan bahwa Nongsa Digital Park merupakan pusat keunggulan (Centre of Excellence/ CoE) untuk anak muda Indonesia dilatih agar siap bekerja di industri teknologi.

Di dalam ekosistem NDP juga terdapat industri kreatif yang bergerak di bidang perfilman dan animasi.

NDP menjadi 157 peserta pameran atau co-exhibitor dari berbagai bidang seperti swasta, BUMN dan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang sesuai dengan tema Hannover Messe 2023.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz meresmikan Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023 pada Senin (17/4) pagi waktu setempat. 

Sebagai official partner country dari perhelatan akbar industri tersebut, Indonesia menghadirkan Zona National Pavilion dengan estimasi area mencapai 3.000 m2.

“Paviliun Indonesia didesain khusus mengikuti bentuk kapal tradisional Indonesia, Kapal Pinisi. Kami ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan massa depan. Kapal Pinisi ini memiliki kompas yang dinamakan Making Indonesia 4.0 sebagai navigator transformasi industri di Indonesia,” ujar Presiden RI Joko Widodo dalam peresmian Paviliun Indonesia di Hall 2, Hannover Messe.

Paviliun Indonesia menjadi tempat para pelaku industri andalan Indonesia untuk memamerkan teknologi, produk dan kebolehannya, serta berinteraksi dengan pengunjung yang berasal dari kalangan bisnis dan tokoh-tokoh penting dunia.

Indonesia menggandeng sekitar 157 co-exhibitor yang akan berpartisipasi di Paviliun Indonesia, dimana dari tiap sektor akan dipilih tiap champion dan walkabout exhibitor dari tiap sektor.

 

Pewarta: Yunianti Jannatun Naim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023