Kunjungan ke Infinite Studios NDP tentu meng-update mengenai digital park di sini termasuk perkembangan dari KEK NDP. Dan di kawasan ini tentu beberapa data center sudah dipersiapkan
Bogor (ANTARA) - Pemerintah terus mempromosikan potensi dan kapasitas pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) di Batam, Kepulauan Riau, dalam upaya meningkatkan iklim investasi di kawasan ini.

Melalaui keterangan Kemenko Perekonomian yang diterima di Bogor, Sabtu, promosi ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim dan Duta Besar Kanada untuk Indonesia Nadia Burger.

"Kunjungan ke Infinite Studios NDP tentu meng-update mengenai digital park di sini termasuk perkembangan dari KEK NDP. Dan di kawasan ini tentu beberapa data center sudah dipersiapkan,” ujar Menko Airlangga.

Adapun, Batam sebagai kawasan khusus (KPBPB) berpotensi menarik lebih banyak investor, mengingat telah tersedianya studio animasi dan studio alam di Nongsa Digital Park.

Lalu, Infinite Studios Batam, sebagai studio terbesar di Asia Tenggara yang terbagi menjadi studio film dan studio animasi, diharapkan dapat berperan besar dalam pengembangan industri film di Indonesia maupun mancanegara, sehingga dapat menarik banyak investor.

Menko Airlangga memastikan BP Batam beserta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan terus mendorong KEK Nongsa Digital Park untuk menjadi salah satu jembatan Indonesia menuju digital connectivity.

"Ini menjadi sangat penting. Talenta ada, lokasi ada, climate ada, pengalaman ada, tentu tinggal kita dorong investasi. Untuk itu menjelang KTT G20 nanti di Bali, Dubes AS dan Kanada akan hadir melihat fasilitas yang ada,” ujar Airlangga.

Selain itu, dia menjelaskan terdapat komitmen dari International Business Machines Corporation (IBM) untuk pendidikan di Kampus Merdeka, dimana diharapkan bulan Maret 2023 mulai direkrut peserta didik untuk Hybrid Cloud Academy dan Artificial Intelligence.

Sementara, dalam kesempatan ini, CEO Infinites Studios Mike Willuan dan Director of NDP Marco Bardelli Senior memaparkan terkait dengan digital ecosystem yang telah dibangun dan dioperasionalkan di KEK Nongsa Digital Park.

Baca juga: Menparekraf dukung KEK Nongsa Digital Park dengan semangat 3G

Baca juga: Data Centre First luncurkan pusat data 30 MW di KEK Nongsa

Baca juga: Menko Airlangga serahkan PP dua Kawasan Ekonomi Khusus di Batam


Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022