Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Malang menyatakan menjelang perayaan Lebaran 2023 arus kendaraan menuju Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih terpantau lancar dan belum ada peningkatan arus kendaraan yang signifikan.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung di Kabupaten Malang, Rabu, mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan pada jalur-jalur utama yang memasuki Kabupaten Malang, seperti pada Pintu Tol Singosari.

"Sampai saat ini, relatif lancar dan belum ada peningkatan (arus kendaraan yang masuk ke Kabupaten Malang) yang signifikan," kata Agnis.

Agnis menjelaskan bahwa peningkatan arus kendaraan hanya terjadi pada sejumlah titik dan pada waktu tertentu, khususnya menjelang datangnya waktu berbuka puasa. Masyarakat biasanya akan melakukan aktivitas di luar rumah menjelang waktu berbuka.

Menurut dia, pada H-4 Lebaran 2023 atau pada tanggal 18 April 2023, arus kendaraan yang keluar dari Pintu Tol Singosari, Kabupaten Malang tercatat 13.785 kendaraan. Pintu Tol Singosari merupakan salah satu pintu tol yang banyak dilalui masyarakat khususnya saat Idulfitri.

"Kami perkirakan, pada H-2 baru akan ada kepadatan, termasuk nanti pada H+2," katanya.

Baca juga: Pemkab Malang fasilitasi ratusan warga mudik gratis
Baca juga: Pengelola Bandara Malang ingatkan penumpang wajib vaksin COVID-19


Untuk menghadapi masyarakat yang saat ini melakukan mudik Lebaran 2023 di Kabupaten Malang, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 12 pos untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dan wisatawan.

Dari 12 posko tersebut, sebanyak delapan unit merupakan posko pengamanan, tiga pos pantau, dan satu pos pelayanan. Pos-pos itu disebar pada sejumlah titik yang diperkirakan akan terjadi kemacetan dan juga rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah itu saat puncak arus mudik, Satlantas Polres Malang juga menyiapkan tim pengurai kepadatan yang bersiaga di sejumlah titik, mengingat Kabupaten Malang merupakan jalur penghubung ke berbagai wilayah.

"Kabupaten Malang ini memang cukup unik karena perlintasan. Ada yang menuju Blitar, Lumajang, termasuk akses ke wisata Bromo dan Kota Batu. Kami sudah memiliki pola tersendiri untuk mengantisipasi kepadatan," katanya.

Sebagai informasi, Malang Raya merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur yang menjadi favorit para wisatawan saat musim libur panjang. Pada liburan Lebaran 2023, wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu diperkirakan akan dipadati wisatawan.

Pada arus mudik liburan Lebaran 2023, Pemerintah memperkirakan akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023