Penukaran pada Lebaran seperti ini ya kadang kadang ramai, kadang sepi. Nggak bisa dipastiin (ramainya), .....
Jakarta (ANTARA) -
Penyedia jasa penukaran uang di dekat Pos Pengamanan Lebaran 2023 Polres Metro Bekasi Kota, Pospam Sumber Arta Kalimalang, memanfaatkan keramaian menjelang Lebaran 2023 untuk menawarkan jasanya.
 
Hutagaol (50) mengatakan dalam sehari ia menyiapkan uang rupiah pecahan baru yang dapat ditukarkan senilai Rp5.000 hingga Rp50.000 dengan total sampai Rp10 juta per hari.
 
"Penukaran pada Lebaran seperti ini ya kadang kadang ramai, kadang sepi. Nggak bisa dipastiin (ramainya), paling H-4 dan H-3 baru lumayan ramai," katanya ketika ditemui di dekat Pospam Sumber Arta Kalimalang, Rabu.

Baca juga: BI Sumut realisasi penukaran uang Rp4,7 triliun selama Ramadhan 2023
 
Menurutnya kebanyakan pemudik yang lewat menukarkan uang pecahan baru Rp5.000 di mana ia akan mengambil keuntungan sekitar 10 persen.
 
Dengan demikian, setiap penukaran sebesar Rp100.000, ia bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp10.000, yang dapat diberikan secara langsung ataupun melalui transfer.
 
Ia mengatakan telah mulai berjualan di sekitar Jalan Kalimalang sejak H-10 Lebaran 2023 atau tanggal 12 April 2023, dan akan bertahan sampai sisa stok uang barunya habis.
 
Terkait potensi perampokan, ia terus mewaspadai berbagai jenis kejahatan seperti penjambretan yang rawan terjadi karena ia menjajakan jasa di pinggir jalan.

Baca juga: Deputi Gubernur BI: Penukaran uang Lebaran 2023 telah capai 81 persen
 
Sebelumnya, Kepala Pos Pengamanan Sumber Arta Iptu Mian Siregar memprediksi malam ini, Rabu (19/4), akan terjadi puncak arus mudik dengan kendaraan roda dua, terutama yang melewati jalur arteri Sumber Arta, Kalimalang, Bekasi.
 
Untuk itu, ia mengatakan bersiap pemberlakuan jalan satu arah atau one way untuk mengantisipasi kepadatan dan kemacetan yang berpotensi terjadi.
 
"One way diberlakukan secara situasional untuk mengatasi lonjakan yang menyebabkan kepadatan dan kemacetan," katanya ketika ditemui di Pos Pengamanan Lebaran 2023 Sumber Arta, Bekasi, Rabu.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023