Memasuki hari ke-6 masa angkutan lebaran 2023 yang dimulai tanggal 14 April 2022, secara total KAI Divre III telah mengangkut 16.811 orang penumpang.....
Palembang (ANTARA) - PT KAI Divre Palembang, Sumatera Selatan, menyebutkan, 16.811 orang pemudik asal wilayah itu menggunakan kereta api pada H-3 Lebaran 2023.

“Memasuki hari ke-6 masa angkutan lebaran 2023 yang dimulai tanggal 14 April 2022, secara total KAI Divre III telah mengangkut 16.811 orang penumpang yang menggunakan KA Bukit Serelo, KA Rajabasa, KA Sindang Marga,” kata Manager Humas PTKAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan antusiasme masyarakat menggunakan kereta api untuk mudik berlebaran tahun ini cukup baik, terlihat dari angka pengguna menjelang hari Lebaran terjadi peningkatan.

“Terutama untuk KA Bukit Serelo dan KA Rajabasa. Puncak arus mudik sudah dimulai dari tanggal 18 April 2023, dan diprediksi hingga H-1 tetap terjadi peningkatan perkiraan ini terlihat dari penjualan tiket yang sudah mencapai 100 persen, terutama KA Rajabasa dan KA Bukit Serelo termasuk KA Sindang Marga,” ucapnya.

Baca juga: Tingkat okupansi KA Daop 1 capai 100 persen pada mudik Lebaran 2023

Ia mengatakan hingga H-3, tiket yang sudah terjual 50.310 atau 94 persen dari ketersediaan tiket untuk periode mudik lebaran, bahkan KA ekonomi Bukit Serelo dan KA Rajabasa untuk tanggal 2 Mei okupansinya sudah mencapai 100 persen.

Sebagai antisipasi faktor cuaca saat ini yang tidak dapat diprediksi sehingga kelancaran operasional selama angkutan lebaran terjaga, selain SDM, sarana prasarana juga disiagakan alat meterial untuk siaga (AMUS) dan petugas ekstra di daerah yang karena faktor geografis rawan kondisi darurat seperti banjir, longsor, atau tanah amblas,

“Sehingga apabila muncul kendala di lintasan rel, penyelesaiannya bisa lebih cepat karena sudah tersedia alat dan petugas di titik tersebut,” katanya.

Baca juga: KAI Semarang catat 16 ribu pemudik setiap hari

Aida meminta para penumpang dapat mengatur perjalanan menuju stasiun keberangkatan lebih awal karena mendekati lebaran sering terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan menuju stasiun Kertapati.

“Selain itu, kami berharap seluruh masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api untuk mematuhi syarat-syarat perjalanan yang telah ditetapkan agar mudik yang sehat, aman dan berkesan dapat kita wujudkan bersama,” kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023