Jakarta (ANTARA) - Ribuan pemudik berdatangan ke Terminal Kampung Rambutan untuk mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Jadi kami berharap mudik tahun ini betul-betul sesuai tema, mudik aman dan berkesan," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kemenhub Djoko Sasono dalam acara pelepasan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan ada dua daerah destinasi dalam program mudik gratis yang diadakan Kemenhub di terminal tersebut, yaitu tujuan Jawa dan Sumatera.

"Kalau ke Jawa sudah biasa, kalau yang ke Sumatera ada dua kota, Lampung dan Palembang," katanya.

Program mudik gratis yang diadakan Kemenhub di Terminal Kampung Rambutan mengerahkan 118 bus dan menarik sekitar 18 ribu pemudik yang akan menuju ke 28 kota di Sumatera dan Jawa.

Baca juga: Ribuan pemudik padati Terminal Kampung Rambutan pada H-3 Lebaran

Baca juga: Ratusan personel keamanan dikerahkan di Terminal Kampung Rambutan


Secara total program mudik yang diadakan Dinas Perhubungan Darat Kemenhub menarik minat 24.072 pemudik dan mengerahkan 585 bus.

Untuk memfasilitasi mudik aman dan nyaman bagi para pemudik, Kemenhub bekerja sama dengan pihak-pihak lain seperti PMI, TNI dan Polri, serta pemerintah daerah setempat untuk melancarkan program mudik gratis 2023 di Terminal Kampung Rambutan.

"Jadi kalau kita gotong royong insya Allah jadi ringan," demikian katanya.

Sementara itu, arus mudik di Terminal Kampung Rambutan pada H-3 atau pada Rabu 19 April 2023 diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang, dengan jumlah pemudik sampai pukul 11.00 WIB mencapai 936 orang.

Kepala Regu Khusus Terminal Kampung Rambutan Mulyono mengatakan jumlah penumpang pada H-3 tersebut diperkirakan akan mencapai lebih dari tiga ribu orang sampai dengan Kamis pukul 07.00 WIB.

Arus mudik pada H-3 tersebut diperkirakan menjadi puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan, dengan sebagian besar penumpang menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur dan Sumatera.

Baca juga: Pemudik di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan melonjak sore ini

Baca juga: Anjing pelacak BNN sisir Kampung Rambutan cegah pengiriman narkoba


Pewarta: Katriana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023