Semua ada dalam panduan mudik ini, termasuk titik-titik rawan apabila menuju wilayah Surabaya, Blitar, atau Kota Batu.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Malang membagikan panduan mudik digital kepada masyarakat yang melakukan perjalanan ke Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung di Kabupaten Malang, Rabu, mengatakan bahwa panduan digital berisi informasi lengkap tersebut bertujuan untuk mempermudah aktivitas warga maupun wisatawan yang berada di Kabupaten Malang.

"Kami bagikan pamflet yang ada QR Code. Dalam QR Code tersebut, berisi panduan mudik bagi masyarakat yang masuk ke Kabupaten Malang," kata Agnis.

AKP Agnis menjelaskan bahwa panduan mudik yang dibagikan kepada masyarakat khususnya yang melintas pada Pintu Tol Singosari, Kabupaten Malang tersebut berisi informasi jalur mudik, rekayasa arus lalu lintas, serta jalur-jalur alternatif di wilayah itu.

Menurut dia, selain berisi informasi seputar panduan jalur mudik, panduan digital itu juga disertai dengan sejumlah nomor telepon penting yang mungkin dibutuhkan oleh para pemudik, termasuk wisatawan.

"Semua ada dalam panduan mudik ini, termasuk titik-titik rawan apabila menuju wilayah Surabaya, Blitar, atau Kota Batu. Panduan ini lengkap, dan bisa dipergunakan masyarakat," ujarnya.

Dibagikannya panduan mudik digital tersebut, kata dia, dikarenakan banyak pemudik yang datang dari luar wilayah Jawa Timur.

Ia berharap panduan tersebut bisa memberikan kemudahan pada saat melakukan aktivitas dan perjalanan di Kabupaten Malang.

"Ini kami siapkan untuk memberikan kemudahan bagi para pengendara yang masuk ke Kabupaten Malang," ujarnya.

Berdasarkan pantauan closed circuit television (CCTV) yang ditempatkan pada sejumlah titik, hingga saat ini belum ada lonjakan arus kendaraan yang signifikan meski ada sedikit peningkatan.

Pada H-4 Lebaran 2023 atau pada tanggal 18 April 2023, arus kendaraan yang keluar dari Pintu Tol Singosari, Kabupaten Malang tercatat sebanyak 13.785 kendaraan. Pintu Tol Singosari merupakan salah satu pintu tol yang banyak dilalui masyarakat khususnya saat Idulfitri.

Diperkirakan kepadatan arus kendaraan bermotor akan terjadi pada H-2 Lebaran atau pada tanggal 20 April 2023.

Baca juga: Jelang Lebaran arus lalu lintas kendaraan menuju Malang lancar
Baca juga: Pemkab Malang fasilitasi ratusan warga mudik gratis


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023