Bandung (ANTARA) - Puncak arus mudik Lebaran 2023 di terminal bus di Bandung, yakni Cicaheum dan Leuwipanjang diperkirakan mulai berlangsung pada hari Rabu ini.

"Untuk terminal Cicaheum perkiraannya adalah hari ini atau besok tanggal 20 April 2023," kata Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto di Cicaheum, Bandung, Rabu.

Sementara di Terminal Leuwipanjang yang melayani pemberangkatan bus ke arah Barat dari Kota Bandung, puncak arus mudik diperkirakan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 21 April 2023.

"Kalau di Leuwipanjang puncak arus mudik kemungkinan berlangsung tanggal 19 April, 20 April dan 21 April," ucap Kepala Terminal Leuwipanjang Asep Hidayat di Leuwipanjang, Bandung, Rabu.

Baca juga: Kapolda Jabar: Pemudik jangan paksakan diri jika lelah di jalan

Baca juga: Volume kendaraan ke Jabar dan Jateng meningkat di jalur mudik Cianjur


Namun demikian, baik di Terminal Cicaheum atau Leuwipanjang, aktivitas penumpang naik dan turun belum terdata karena masih ada armada bus yang berangkat atau datang ke dua terminal tersebut.

Sampai dengan tanggal 18 April 2023, di terminal Cicaheum tercatat 2.603 penumpang yang datang dibawa oleh 504 armada, sementara yang berangkat tercatat sebanyak 6.889 penumpang dengan menggunakan 460 armada bus.

"Untuk keberangkatan, rata-rata tujuan mudik yakni Malang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Tasikmalaya, Kuningan, dan Pangandaran," ucap Roni Hermanto.

Adapun, di Terminal Leuwipanjang, sampai dengan tanggal 18 April 2023, tercatat 14.290 penumpang yang datang dengan 1.922 armada, sementara yang berangkat tercatat sebanyak 14.517 penumpang dengan menggunakan 1.692 armada bus.

"Untuk kedatangan, kebanyakan adalah seluruh trayek dari Jakarta menuju Bandung. Sementara keberangkatan kebanyakan adalah tujuan Merak, Palembang, Tangerang, Sukabumi, Bogor, dan Depok," tutur Asep Hidayat.

Dari lokasi, baik di Terminal Leuwipanjang ataupun Cicaheum, penumpang terlihat tidak begitu menumpuk untuk menunggu bus.

Antrean, hanya terlihat sedikit di loket pembelian tiket di Terminal Cicaheum. Sementara di Leuwipanjang yang baru direvitalisasi, tidak terlihat adanya antrean apapun.*

Baca juga: Polda Jabar sebut arus mudik di tol mulai tampak pada H-7 Lebaran 2023

Baca juga: Polisi sebut kemacetan jalur selatan masih rawan terjadi di Limbangan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023