... Perdagangan India-ASEAN telah tumbuh lebih dari sepuluh kali selama dekade terakhir sejak KTT tahunan dimulai... "
Bangkok (ANTARA News) - Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, menyatakan dukungan pemerintahannya tentang peningkatan hubungan ASEAN dengan India menjadi kemitraan strtategis. Kantor Berita Thailand (TNA), Jumat, menyatakan hal itu.

Shinawatra, menghadiri KTT Peringatan ASEAN-India di New Delhi, mengatakan, membangun dan memperluas hubungan merupakan kunci penting bagi kemitraan antara kedua pihak seperti di laut, udara dan jaringan darat sampai pada akhirnya akan meningkatkan perdagangan dan investasi.

India menjadi tuan rumah KTT Peringatan ASEAN-India di New Delhi pada 20-21 Desember untuk memperingati 20 tahun kemitraan dialog ASEAN-India dan peringatan 10 tahun kemitraan ASEAN-India tingkat KTTT.

Perdagangan India-ASEAN telah tumbuh lebih dari sepuluh kali selama dekade terakhir sejak KTT tahunan dimulai. 

Sejak pelaksanaan Kawasan Perdagangan Bebas (FTA) untuk barang, arus investasi dua arah juga tumbuh pesat mencapai 43 miliar dolar Amerika Serikat selama dekade terakhir, menurut Kantor Berita Thailand.

"Para pemimpin ASEAN sangat menghargai kerja sama yang efektif, dan bahwa India telah membuat pengelompokan dalam memperkuat konektivitas regional serta membangun Masyarakat ASEAN," kata Kantor Berita TNA, mengutip pernyataan Shinawatra.

Selama KTT, para pemimpin mengadopsi Deklarasi Visi untuk mengangkat hubungan bilateral ke tingkat kemitraan strategis.

Dokumen itu mendefinisikan arah utama pengembangan hubungan ASEAN-India dan pelaksanaan yang efektif serta kerja sama penuh mereka di berbagai bidang mulai dari politik, keamanan untuk budaya, masyarakat dan kerja sama pembangunan.

Mereka juga mencapai konsensus tingkat tinggi mengenai partisipasi aktif dalam perundingan tentang perjanjian perdagangan, jasa dan investasi, membuka jalan bagi pembentukan Wilayah Perdagangan Bebas ASEAN-India yang komprehensif serta menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi kedua pihak untuk merundingkan Kemitraan Daerah ( RCEP), membina hubungan di bidang udara, laut dan darat, serta teknologi digital.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012