Pengamanan difokuskan pada kelancaran aktifitas masyarakat baik di tempat ibadah dan tempat-tempat keramaian serta antisipasi tindak kriminalitas,"
Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor Kota menurunkan 730 personel dalam pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2012 yakni pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Total personel ada 560 orang yang terdiri dari 730 personel Polres Bogor dan sisanya dari unsur gabungan TNI, Satpol PP, pramuka, RAPI, ormas, Polmas Bogor Raya," kata Kapolres Bogor Kota, AKBP Bahtiar Ujang di Bogor, Sabtu.

AKBP Bahtiar mengatakan, personel akan bertugas selama Operasi Lilin Lodaya berlangsung mulai dari Jumat (21/12) hingga berakhirnya malam pergantian tahun.

Selain menurunkan personel, Polres Bogor Kota juga membuka pos pelayanan dan pengamanan yang terdapat di sejumlah tempat yakni Terminal Baranangsiang, Jambu Dua, Bogor Plaza, pertigaan Gunung Batu, Simpang Batu Tulis, Ekalokasari, Jembaan Merah, Air Mancur, Gereja Zebaouth dan Pasar Bogor.

"Pengamanan difokuskan pada kelancaran aktifitas masyarakat baik di tempat ibadah dan tempat-tempat keramaian serta antisipasi tindak kriminalitas," kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyebutkan, pengamanan pada Operasi Lilin Lodaya difokuskan kepada pengamanan arus lalu lintas di Kota Bogor dengan menyebar personel untuk mengatur lalu lintas pada saat terjadi kepadatan.

Selain arus, pengamanan juga diutamakan pada pelaksanaan ibadah serta perayaan malam tahun baru.

"Pada saat natal personel akan disebar ke sejumlah gereja untuk mengamankan pelaksanaan malam natal hingga hari natal berakhir," kata Kapolres.

Kapolres menuturkan, Kepolisian dipercaya menyelenggarakan keamanan dituntut mampu melaksanakan manajemen keamanan secara sistematik, terpadu dan komprehensif melalui pelibatan seluruh komponen serta stakeholder lainnya.

"Harapan kita dua agenda penting perayaan Natal dan pergantian tahun dapat berlangsung secara tertib, lancar dan aman," katanya.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012