Lampung Selatan (ANTARA) - Ribuan pemudik dari Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Banten, terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Kamis atau H-2 Lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB terlihat para pemudik baik yang menggunakan sepeda motor, mobil dan pejalan kaki terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni.

Meski terjadi kepadatan pada kendaraan roda dua dan empat yang akan keluar dari area Pelabuhan Bakauheni, namun tidak menimbulkan penumpukan kendaraan yang terlalu lama dan terlihat lancar.

Berdasarkan data di posko Pelabuhan Bakauheni, sejauh ini terdapat 164.462 penumpang yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sementara untuk jumlah kendaraan baik roda dua, empat, truk dan bus yang menuju Pelabuhan Bakauheni 39.286 unit.

Dari data tersebut terpantau sejumlah kendaraan yang baru keluar dari dalam kapal memadati Pelabuhan Bakauheni.

Meski terjadi kepadatan kendaraan roda empat di area depan pelabuhan dan sejumlah kantong parkir dermaga eksekutif, dan reguler, namun tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Sementara General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023