Blitar (ANTARA) - PT KAI Daop 7 Madiun menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Blitar, Jawa Timur, melakukan tes urine kepada awak sarana perkeretaapian menyusul penumpang arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023 yang semakin banyak, memastikan seluruh petugas dalam kondisi baik.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto di Blitar, Kamis, mengemukakan kegiatan tes urine ini dilakukan dalam rangka penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika dan obat terlarang (NAPZA), khususnya di lingkungan PT KAI.

"Untuk memastikan pekerja yang bertugas sebagai awak sarana perkeretaapian dalam kondisi baik, sehingga dapat menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api," katanya.

Baca juga: Puluhan awak KA ikuti tes narkoba di Solobalapan

Awak sarana perkeretaapian yang dilakukan tes urine, antara lain masinis, asisten masinis, kondektur, teknisi kereta api, polsuska (Polisi khusus kereta api), dan pekerja operasional stasiun. Pemeriksaan tes narkoba ini dilaksanakan di UPT Crew KA Blitar dan Stasiun Blitar.

Ia menegaskan program ini digelar sesuai dengan program dari PT KAI yang ingin menciptakan SDM KAI yang kompeten, andal, serta bertanggung jawab.

Selain itu, para petugas saat akan berdinas menjalankan kereta api, juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan rutin serta asesmen kondisi psikologisnya.

Hal itu dilakukan guna memastikan masinis dan asisten masinis fokus dalam berdinas, sehingga perjalanan KA aman dan selamat dalam perjalanan. Khususnya dalam masa Angkutan Lebaran Tahun 2023.

Pihaknya menargetkan ada 50 orang yang dilakukan tes urine. Jika ada yang positif, pihaknya juga langsung koordinasi dengan BNN untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

"Apabila ada petugas yang dinyatakan positif, akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendalaminya," kata dia.

Baca juga: Awak Sarana Perkeretaapian KAI Daop 1 Jakarta jalani tes narkoba

Baca juga: Awak kereta di Stasiun Pasar Senen jalani pemeriksaan kesehatan


Supriyanto mengatakan selain melakukan sidak deteksi penyalahgunaan narkotika di Stasiun Blitar, kegiatan serupa juga akan dilakukan di beberapa lokasi lainnya.

"Kegiatan serupa juga akan dilakukan di beberapa lokasi, seperti gardu perlintasan KA serta unit kerja lainnya," kata Supriyanto.

PT KAI, kata dia, tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA dengan tes urine itu. Selain itu, PT KAI juga tetap memastikan persyaratan dan penerapan protokol kesehatan tetap dipatuhi.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023