Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah pesan berantai beredar di WhatsApp menampilkan video jalan dengan keramaian kendaraan mobil sehingga menyebabkan kemacetan parah. Video tersebut dinarasikan kemacetan mudik 2023 di tol cikampek.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Kepadatan Tol Cikampek, ke arah luar Jakarta.

Info buat yang mudik, Hati2 macet parah di Tol Cikampek, gunakan jalur pantura aja

#sekilasinfo”

Namun, benarkah video tersebut merupakan kemacetan di tol cikampek?

 

Unggahan hoaks yang menyatakan video kemacetan mudik 2023. Faktanya, video tersebut diunggah sebelum Ramadhan 2022. (WhatsApp)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan tersebut merupakan hoaks kemacetan saat lebaran yang beredar sejak 2022 lalu. ANTARA menemukan unggahan video pertama kali di tiktok pada 26 April 2022 yaitu sebelum Ramadhan 2022. Pemilik video mengklarifikasi bahwa unggahannya merupakan video di tol Jagorawi.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pada 2022 lalu, memberikan penjelasan terkait beredarnya sebuah video kepadatan lalu lintas di jalan tol pada akhir pekan ini, dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan ini jelang musim mudik lebaran 2022.

“Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa),” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis, Minggu (24/4).

Pada saat itu, jelas Heru, terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta.

Hal ini berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi, di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Untuk mengurai kepadatan tersebut, pihaknya pun memberlakukan contraflow yang berdasarkan diskresi dari pihak kepolisian.

“Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi Kepolisian, saat itu Jasa Marga memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17 s.d Km 8 (Cimanggis s.d Pasar Rebo),” pungkasnya.

Klaim: Video kemacetan mudik 2023 di tol cikampek

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kecelakaan beruntun akibatkan 7 meninggal saat Mudik Lebaran 2022

Cek fakta: Hoaks! Video rumah terbakar akibat ditinggal Mudik Lebaran 2022

Baca juga: Sistem ganjil-genap di Jakarta ditiadakan selama libur lebaran

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2023