Di momen ini Jalin ingin hadir di tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan publik terbaik melalui keberadaan posko mudik...
Jakarta (ANTARA) - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka Posko Mudik Lebaran 1444 Hijriah bagi masyarakat selama enam hari mulai arus mudik pada 19-21 April 2023 hingga arus balik pada 23-25 April 2023.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengatakan posko mudik berada di dua titik layanan yaitu di Alun-Alun Kramatwatu saat arus mudik dan Masjid Baitul Muslimin saat arus balik di Kabupaten Serang, Banten.

"Di momen ini Jalin ingin hadir di tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan publik terbaik melalui keberadaan posko mudik agar dapat membantu masyarakat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman, aman, dan selamat," kata Ario dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Baca juga: UPZ Baznas Masjid Istiqlal salurkan zakat pada 3.000 mustahik

Posko mudik di jalur non-tol tersebut menyediakan berbagai fasilitas dan kebutuhan dasar yang dapat dinikmati para pemudik roda dua dan transportasi umum di antaranya layanan tempat istirahat, dapur air, takjil gratis, isi ulang daya baterai ponsel, dan layanan kesehatan.

Selain itu, Baznas juga menyediakan layanan bayar zakat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajibannya di pos siaga yang terletak di rest area.

Ario menuturkan keberadaan posko itu dapat membantu mengurangi risiko kelelahan dan kecelakaan, serta memastikan para pemudik dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan mereka.

Penyediaan posko mudik tersebut merupakan salah satu pelaksanaan program-program sosial kemasyarakatan perusahaan melalui kolaborasi dengan Baznas.

Baca juga: Jalin Pembayaran Nusantara akselerasi transformasi keuangan digital

Jalin dan Baznas secara konsisten sejak 2019 telah melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan diantaranya program Jalin Patungan Kurban, Program 1.000 Hidangan Berkah Ramadan, dan Bantuan 100 Paket Al-Quran.

Salah satu pemudik yang akan pulang ke Prabumulih, Sumatera Selatan, Handoko, berangkat mudik bersama keluarga dari Balaraja dengan sepeda motor dan sengaja singgah di posko mudik tersebut karena ingin beristirahat sebelum menyeberang dari Merak ke Bakauheni dengan menggunakan kapal laut.

"Kami sangat terbantu karena posko mudik ini tempat yang aman dan nyaman untuk kami istirahat, bahkan petugasnya sigap membantu kami memesankan tiket kapal laut dengan pembayaran transfer," ujarnya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023