"Kami memperpanjang durasi lampu hijau untuk yang ke arah Jawa Tengah dan Jakarta,"
Cirebon (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, memperpanjang durasi lampu hijau di jalur arteri yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jakarta, untuk memecah penumpukan kendaraan.

"Kami memperpanjang durasi lampu hijau untuk yang ke arah Jawa Tengah dan Jakarta," kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja di Cirebon, Kamis.

Triyono mengatakan pada hari biasa, durasi lampu hijau di jalur arteri hanya 30-40 detik saja, namun dikarenakan kondisi saat ini mengalami peningkatan, maka pihaknya melakukan perpanjangan durasi lampu hijau.

Menurutnya sepanjang masa mudik Lebaran 2023, lampu hijau di persimpangan jalan yang berada di Kota Cirebon khususnya mengarah ke Jawa Tengah dan Jakarta menjadi 60-70 detik.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, apalagi di daerah tersebut kendaraan dari kedua arah memang padat, dan perlu dilakukan rekayasa lalu lintas.

"Kalau biasanya lampu hijau di persimpangan itu hanya 40 detik, dan kali ini kami perpanjang mencapai 60-70 detik," tuturnya.

Triyono mengatakan perpanjang lampu hijau tersebut membuahkan hasil, karena lalu lintas bisa semakin lebih terkendali.

Selain itu lanjut Triyono, pihaknya juga menempatkan anggota di sepanjang jalur arteri untuk memastikan laju kendaraan tidak terhambat, dan pihaknya juga menutup sejumlah putar balik, agar tidak menjadi titik kepadatan.

"Kami juga siagakan petugas, sehingga ketika tersendat, maka langsung diurai dengan cepat, tanpa harus menunggu waktu lama," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023